Begini Keseruan Siswa PAUD Saat Berkunjung ke Perpustakaan UIN Gus Dur

Begini Keseruan Siswa PAUD Saat Berkunjung ke Perpustakaan UIN Gus Dur

BERFOTO - Para siswa PAUD Terpadu Annisa Pekajangan berfoto bersama saat kunjungan ke Perpustakaan UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan, Rabu, 24 Mei 2023. -Dalal-

PEKALONGAN - Siswa PAUD Terpadu Annisa Pekajangan terlihat ceria saat melakukan kunjungan literasi pembelajaran ke Perpustakaan UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan, pada Rabu, 24 Mei 2023. 

Sebanyak 40 anak didik dan 7 orang guru disambut oleh tim perpustakaan dengan sukacita. Kunjungan literasi sendiri merupakan salah satu program kegiatan yang diselenggarakan oleh perpustakaan dalam upaya pengabdian kepada masyarakat. Selain untuk mengenalkan perpustakaan sejak dini pada anak, kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkembangkan minat anak terhadap buku dan meningkatkan kemampuan literasi anak sejak usia dini.

Dalam sambutannya Kepala Perpustakaan yang diwakili oleh Koordinator Bidang Administrasi Perpustakaan, Fatonah SKom, menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan tersebut. 

Kegiatan pengenalan perpustakaan pada anak didik ini selanjutnya dapat dijadikan sebagai agenda rutin Paud Terpadu Annisa Pekajangan untuk berkunjung ke Perpustakaan UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan. 

Selain itu, Fatonah juga menjelaskan bahwa buku merupakan rujukan suatu cerita. “Kisah yang diceritakan oleh guru di sekolah atau orang tua di rumah juga bisa berasal dari buku,” terangnya. 

Melalui kunjungan ini, anak-anak dapat menikmati cerita yang disadur dari sebuah buku dalam acara Story Telling yang dibawakan oleh kak Ella Fadilah Nur Fahmi, merupakan salah satu mahasiswa jurusan PIAUD Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan. Anak-anak terlihat sangat antusias dan bersemangat mengikuti cerita kak Ella. Mereka juga diajak untuk menentukan kesimpulan cerita bersama-sama, sehingga hikmah dari cerita bisa tersampaikan dan dapat dijadikan pelajaran yang bermanfaat.  

Kepala TPA PAUD Terpadu Annisa Pekajangan, Bunda Marlinah SSos, turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada perpustakaan yang telah memberikan sambutan luar biasa, sehingga anak-anak dapat memanfaatkan sarana belajar di perpustakaan. Harapannya dengan kegiatan kunjungan literasi ini akan menambah wawasan anak tentang buku. “Setelah kunjungan ini, semoga anak-anak semakin tertarik pada buku dan bisa merawat buku dengan baik,” ungkapnya.

Kegiatan diakhiri dengan library tour, dimana anak-anak diajak untuk berkeliling perpustakaan dan masing-masing anak diperbolehkan mengambil satu buku cerita untuk dilihat isi dan gambarnya. Selanjutnya anak-anak juga diajak bermain sambil belajar di ruang Kids Corner. Fasilitas yang disediakan khusus untuk anak ini merupakan salah satu keunikan yang ada di perpustakaan. Ruang yang ramah anak tersebut juga dapat menjadikan anak-anak betah berlama-lama berada di perpustakaan. 

Kunjungan literasi menjadi progress baru bagi perpustakaan dalam mendukung upaya pengabdian kepada masyarakat. Dengan adanya kegiatan ini, Perpustakaan UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan dapat meningkatkan perannya sebagai perpustakaan perguruan tinggi yang turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. (dal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: