Daop 2 Bandung Cepat Tanggap, Lakukan Pemeriksaan Lintas Jelang Pemberlakuan Gapeka 2023

Daop 2 Bandung Cepat Tanggap, Lakukan Pemeriksaan Lintas Jelang Pemberlakuan Gapeka 2023

Lima hari ke depan, menjelang diberlakukannya Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2023 mulai tanggal 1 Juni mendatang, Daop 2 Bandung melakukan pemeriksaan lintas (inspeksi).-kai.id-https://www.kai.id/information/full_news/5623-daop-2-bandung-lakukan-pemeriksaan-lintas-jelang-pemberlakuan-gapeka-2023

BANDUNG - Lima hari ke depan, menjelang diberlakukannya Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2023 mulai tanggal 1 Juni mendatang, Daop 2 Bandung melakukan pemeriksaan lintas (inspeksi).

Inspeksi tersebut dilakukan mulai dari Stasiun Bandung sampai Stasiun Banjar, pada hari Kamis (25/5). Itu dilakukan untuk memastikan agar kesiapan seluruh lintas saat diberlakukannya Gapeka 2023 benar-benar maksimal.

Persis seperti yang dilakukan untuk momen persiapan ketika Angkutan Lebaran maupun Angkutan Natal dan Tahun Baru. Fokus inspeksi saat itu meliputi kesiapan sarana dan prasarana, fasilitas yang ada di stasiun, kesiapan sumber daya manusia yang mumpuni, serta aspek penunjang lainnya yang mendukung.

Dalam kegiatan inspeksi tersebut, pihak management Daop 2 Bandung juga melakukan pembinaan kepada seluruh jajaran pekerja di lintas agar senantiasa waspada.

Juga mempersiapkan dengan semaksimal mungkin segala hal terkait operasional Kereta Api serta pendukungnya, terutama pada saat terjadi switching atau peralihan dari Gapeka tahun 2021 menjadi Gapeka tahun 2023.

Executive Vice President (EVP) Daop 2 Bandung, Takdir Santoso menjelaskan, pemberlakuan Gapeka 2023 berakibat pada efisiensi waktu tempuh dalam perjalanan KA. Konsekuensinya, jadwal keberangkatan maupun kedatangan KA juga akan ikut berubah. 

"Perubahan jadwal waktu tempuh ini yang harus dipersiapkan dan diantisipasi dengan sebaik-baiknya oleh seluruh jajaran KAI Daop 2 Bandung," jelas Takdir.

Nanti pada saatnya, Gapeka 2023 akan ada efisiensi waktu tempuh perjalanan Kereta Api (KA) Jarak Jauh keberangkatan wilayah Daop 2 Bandung total 214 menit setiap harinya. 

Adapun rinciannya adalah, efisiensi waktu 40 menit pada KA Argo, efisiensi 38 menit pada KA Eksekutif, efisiensi 74 menit pada KA Eksekutif Campuran, dan efisiensi 62 menit pada KA Ekonomi. 

Gapeka adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta. Nanti akan tergambar secara grafis untuk mengelola perjalanan kereta api. 

Dengan diberlakukannya Gapeka 2023 ini akan berpengaruh pada efisiensi waktu perjalanan KA dan juga jadwal keberangkatan akan berubah, stasiun pemberhentian, dan juga penomoran KA pada hampir semua Kereta Api, baik itu Kereta Api untuk Jarak Jauh maupun Kereta Api Lokal yang beroperasi di wilayah Daop 2 Bandung ini.

"Adanya perubahan jadwal keberangkatan KA sesuai Gapeka 2023, manajemen Daop 2 Bandung mengimbau seluruh pelanggan dapat memperhatikan dan mengecek kembali jadwal perjalanan KA yang akan ditempuh ketika melakukan pemesanan tiket maupun pembelian," ujar Takdir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.kai.id/information/full_news/5623-daop-2-bandung-lakukan-pemeriksaan-lintas-jelang-pemberlakuan-gapeka-2023