Miliki Potensi Alam, Kawasan Wisata Paninggaran Mulai Dirintis

Miliki Potensi Alam, Kawasan Wisata Paninggaran Mulai Dirintis

Miliki Potensi Alam, Kawasan Wisata Paninggaran Mulai Dirintis-Hadi Waluyo-

PANINGGARAN - Wilayah pegunungan PANINGGARAN, Kabupaten Pekalongan, menyimpan potensi wisata alam yang luar biasa. Oleh karena itu, kecamatan yang tepat berada di jalur provinsi Kabupaten Pekalongan - Banjarnegara ini akan dijadikan sebagai kawasan destinasi wisata baru di Kabupaten Pekalongan.

Ketua Paguyuban Kepala Desa Kecamatan Paninggaran, Agus Susilo, kemarin, mengatakan, destinasi wisata baru di Kecamatan Paninggaran ini menyuguhkan panorama alam khas pegunungan, mulai dari bukitnya, sungainya, hutannya, hingga air terjunnya yang eksotis. Beberapa wisata baru yang tumbuh di antaranya Kali Paingan Jeep Adventure di kawasan wisata Kali Paingan di Desa Tenogo, Jungle What Campground di Desa Bedagung, Manasuka Camping Ground di Desa Domiyang, dan Bukit Triangulasi di Desa Sawangan.

"Kali Paingan Jeep Adventure dilaunching habis Lebaran 2023 kemarin," kata dia.

Diterangkan, Kali Paingan Jeep Adeventure masih menawarkan konsep wisata alam. Dengan mobil jeep, keliling pegunungan. Melihat pemandangan pegunungan yang indah. Rutenya melewati jalan raya, jalan pegunungan, hingga menerabas hutan. Untuk jalur short masih di sekitar Desa Tenogo.

"Sensasinnya akan beda. Dengan naik jeep melihat keindahan alam pegunungan. Di sore hari, kita bisa melihat terbenamnya matahari. Di pagi hari bisa melihat terbitnya matahari. Udara sangat sejuk dan segar. Keindahan alamnya jangan ditanya lagi," ujar Agus.

Untuk sementara ini sudah ada sembilan jeep. Tarif per paket untuk jalur pendek ialah Rp 350 ribu. "Ini untuk 4 orang. Kita siapkan driver dan mobilnya. Untuk kulinernya bisa pesan sendiri di Kali Paingan. Lengkap di situ makanan dan minumannya," katanya.

Destinasi wisata baru di Kecamatan Paninggaran yang lagi ngehits adalah Jungle What Campgroud. Lokasinya di Desa Bedagung. Jungle What Campgroud tawarkan ngecamp di tengah hutan pinus di pinggiran sungai. Yang istimewa, lokasinya berada di dekat air terjun juga. Sehingga sangat eksotis bagi Anda yang suka petualangan.

Anda pun tak perlu repot-repot membawa peralatan ngecamp dari rumah. Pengelola menyediakan peralatan ngecamp, mulai dari tenda, kompor, gas, dan lainnya. Bahkan ada paket hemat untuk 4 orang. "Tanpa ribet bawa tenda sendiri, silahkan nikmati camping di tengah hutan pinus dengan pemandangan alam yang indah lengkap dengan sungai dan air terjun," kata dia.  

Sementara itu, Manasuka Camping Ground berada di Desa Domiyang di tengah hutan damar. Sedangkan Bukit Triangulasi ada di Desa Sawangan. Bukit Triangulasi atau Bukit Tanggulasi ini berada di perbatasan Desa Sawangan dan Botosari. Lokasinya persis di pinggir jalan utama provinsi Kabupaten Pekalongan-Banjarnegara, sekitar 2 Km dari WOW Pacalan.

"Ada beberapa tempat lainnya yang akan kita kembangkan menjadi daerah wisata, seperti kebun teh Kaliboja. Kami berharap Kecamatan Paninggaran bisa menjadi sebuah kawasan wisata," ungkap dia. (had)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: