Bahaya Jika Tak Segera Ditangani, Ini 7 Obat Alami Sakit Gigi, Ada yang Sudah Digunakan Berabad-abadba

Bahaya Jika Tak Segera Ditangani, Ini 7 Obat Alami Sakit Gigi, Ada yang Sudah Digunakan Berabad-abadba

Ilustrasi Sakit Gigi -Pixabay -Disway

RADARPEKALONGAN - Lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. Ungkapan ini akan sangat pas ketika kita sedang mengalami sakit gigit. Terlebih dengan sakit gigi, permasalahan seperti sakit kepala pun bisa semakin timbul. 

Dilansir dari RBTV, sakit gigi seperti gugu berlubang terjadi karena adanya asam yang merusak gigi. Asam ini disebabkan dari reproduksi sisa makanan di Rongga mulut oleh bakteri.  

Baca juga : Hati-hati Bunda, Kecanduan HP Bisa Membuat Anak Balita Telat Bicara

Jika tidak ditangani dengan baik, gigi berlubang dapat membawa kita ke banyak komplikasi permalasahan. Salah satunya seperti yang disebut oral fistula, yang jika tak segera ditangani bisa menyebabkan kematian.

Cara terbaik untuk menyembuhkan penyakit gigi adalah dengan rutin kontrol ke dokter gigi. Namun, nyeri akibat sakit gigi sering terjadi tiba-tiba. Apalagi ketika di luar jam praktik dokter.

Meski begitu tak perlu panik, bahan-bahan alami ini bisa membantu untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi. Sehingga anda bisa lebih tenang dan tak ngilu sembari menunggu jadwal praktik dokter. 

Yang lebih menggembirakan lagi, bahan-bahan ini pun bisa gampang ditemukan. Beberapa obat alami atau tradisional ini bisa membantu mengantisipasi terjadinya pembusukan serta menghambat pembentukan lubang pada gigi.

1. Bawang putih

Bumbu dapur satu ini sering dihindari karena menyebabkan bau mulut. Meski begitu bawang putih punya sifat antibakteri. Bahan ini pun sudah dipakai turun-temurun sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan sakit gigi. 

Tak hanya itu, bawang putih juga bisa membantu meminimalisir rasa nyeri dan juga menyehatkan gigi dan gusi. 

Cara penggunaannya, siapkan 3–4 siung bawang putih dan ¼ sendok teh garam, lalu campurkan. Kemudian campuran tersebut dioleskan pada gigi yang berlubang atau terinfeksi.

Berita lainnya: 11 Makanan Penyebab Hipertensi, Ingin Selamat! Mulai Sekarang Kurangi Makanan Pemicunya

Kemudian diamkan selama 10 menit, dan dilanjutkan dengan berkumur menggunakan air atau obat kumur. Cara ini harus dilakukan rutin dua kali sehari selama beberapa Minggu untuk mencegah perkembangan lubang gigi.

Jika area gigi berlubang mengalami nyeri, bisa juga gosokkan minyak bawang putih untuk meredakan nyeri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rbtv