Jaga Kulit Awet Muda dan Bebas jerawat, Ini 11 Manfaat Buah Siwalan atau Buah Lontar

Jaga Kulit Awet Muda dan Bebas jerawat, Ini 11 Manfaat Buah Siwalan atau Buah Lontar

Buah siwalan atau buah lontar.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN - Mumpung lagi musim buah siwalan atau buah lontar. Ayo buruan dibeli. Pasalnya, manfaat buah siwalan ternyata luar biasa. Salah satu manfaatnya buah ini baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Rajin mengonsumsi buah siwalan bisa menjaga kulit terbebas dari jerawat. Selain itu, bikin kulit awet muda karena buah ini bisa mencegah proses penuaan dini. buah siwalan juga bisa digunakan untuk mengobati biang keringat.

 

Bagi wanita hamil yang suka mual, dianjurkan makan buah siwalan. Karena buah ini membantu meringankan beberapa penyakit perut ringan dan mual yang sering terjadi selama kehamilan. Pasalnya, efek inflamasi yang terdapat dalam buah siwalan dipercaya dapat mengobati mual dan muntah.

Baca juga: Awas! Sering Menahan Kentut Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan, Ini Bahayanya

Manfaat buah siwalan diperoleh dari kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya. Dalam 100 gram buah siwalan mengandung protein 0,35 gram, gula 10,93 gram, nitrogen 0,056 dan gula reduksi 0,96 gram. pH yang dihasilkan buan lontar cukup tinggi, yaitu sekitar 6,7 sampai 6,9. Ada pula kandungan fosfor 0,14 gram, zat besi 0,4 gram, vitamin C, dan vitamin B1. Hasil penelitian juga menunjukkan, buah ini mengandung tiamin dan riboflavin.

Buah siwalan atau buah lontar sendiri memiliki nama latin Borassus flabeliffer. Tanaman ini masuk ke dalam golongan palma. Siwalan banyak tumbuh di daerah tropis, dan wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara. Pohon lontar habitatnya mulai dari Jawa, Bali, Sulawesi, hingga Nusa Tenggara.

Buah siwalan bentuknya mirip dengan kolang-kaling. Tampak bening dan berbentuk lonjong. Selain rasanya menyegarkan apalagi jika dijadikan minuman saat cuaca panas, buah siwalan kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini manfaat buah lontar bagi kesehatan tubuh:

1. Menjaga kesehatan kulit

Ingin kulit bebas dari sejumlah masalah seperti jerawat maupun gejala penuaan dini? Salah satu solusi mudah dan murah agar kulit sehat adalah dengan mengonsumsi buah siwalan. Kandungan vitamin C di dalamnya memiliki sifat antioksidan guna melindungi sel-sel kulit dari kerusakan yang dipicu oleh serangan radikal bebas.

2. Membantu meringankan ruam dan biang keringat

Saat cuaca panas, kulit muka kerap bermasalah, yakni munculnya ruam kemerahan dan biang keringat. Tak perlu obat mahal untuk mengatasinya. Coba manfaatkan buah siwalan untuk menyembuhkannya. Karena sifat anti inflamasi yang terkandung dalam buah siwalan dapat membantu mengobati kemerahan pada kulit saat terpapar panas matahari.

Caranya mudah! Iris tipis buah siwalan lalu tempelkan ke bagian yang ruam, atau jadikan buah ini sebagai masker. Tunggu hingga buah mengering dan terserap kulit wajah. Meski awalnya agak perih, lama kelamaan akan memberikan efek sejuk di wajah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: