Sebanyak 20 Peserta Ikuti Kontes Kambing Unggul Peternak Kota Pekalongan

Sebanyak 20 Peserta Ikuti Kontes Kambing Unggul Peternak Kota Pekalongan

KONTES- Kontes kambing unggul para peternak di Kota Pekalongan digelar di Lapangan Mataram, Kota Pekalongan, Senin (12/6/2023).-FOTO-Dwi Fusti Hana Pertiwi

PEKALONGAN- Puluhan ekor kambing dari para peternak di Kota Pekalongan mengikuti  kontes Kambing Kurban Unggul Piala Walikota Pekalongan 2023 yang diselenggarakan Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) di Lapangan Mataram, Kota Pekalongan, Senin  (12/6/2023). 

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan, Mu'adi, mengatakan dalam rangka menyemarakkan Idul Adha sekaligus menyukupi kebutuhan hewan kurban yang memenuhi syarat agama dan kesehatan yang dilakukan oleh kementerian pertanian.

"Disini para peternak di berikan tempat untuk bisa menampilkan hewan ternak yang betul-betul unggul, sehat memenuhi syariat agama maupun syarat aturan-aturan yang ditetapkan oleh kementerian pertanian itu sendiri," kata Mu'adi, Senin (12/6/2023).

Kontes Kambing Unggul kali ini diikuti 20 peserta yang merupakan bagian dari Persatuan Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPKDI) Cabang Pekalongan. 

" Ini kegiatan kali kedua diadakan di Kota Pekalongan, dan kedepan akan rutin diselenggarakan mudah-mudahan peserta kedepan tidak hanya Kota Pekalongan saja, barangkali eventnya nanti lebih meriah lagi," terangnya.

Sementera itu dijelaskan, kriteria penilian kambing dalam event ini meliputi beberapa faktor. Yakni Kambing Pejantan yang memenuhi syarat sebagai hewan kurban yang memiliki keunggulan memiliki bobot badan, penampilan, kebersihan termasuk kesehatan.

Dan diakhir, diumumka pemenang kontes Kambing Kurban Unggul Piala Walikota Pekalongan 2023. Dimana peserta atas nama Hisbul waton warga asal Buaran, Pekalongan dengan Kambing Pejantan yang diberi nama Dekeliwon masuk sebagai juara 1.

"Hasil hewan perawatan saya juara, saya senang sekali," ungkap Hisbul Waton dengan bahagia usai membawa piala Kontes Kambing tersebut.

Kambing peranakan Senduro Jawa Timur milik Hisbul Waton ini memiliki usia sekitar empat tahun dengan berat mencapai 1.2 Kuintal. Bahkan sudah mendapatkan nilai jual hingga puluhan juta.

"Ini sudah ditawar hingga Rp15 juta," katanya.

Dikatakan Hisbul bahwa Kambing yang diberi nama Dekeliwon ini sudah sering mengikuti kontes serupa, bahkan sudah pernah juara.

"Kambing ini sekarang sudah jadi bibit dengan anakan yang kini sudah banyak pula" katanya.(DF)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: