Jelang Idul Adha, Harga Kambing di Pekalongan Mulai Naik

Jelang Idul Adha, Harga Kambing di Pekalongan Mulai Naik

Harga Kambing di Pekalongan Mulai Naik jelang Idul Adha 2023.-FOTO-Dwi Fusti Hana Pertiwi

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN - Menjelang Idul adha 2023, harga hewan kurban kambing disejumlah wilayah mengalami kenaikan harga hal ini juga berlaku di Pekalongan. Harga kambing diperkirakan naik sekitar Rp300.000-Rp 500.000 per ekor.

Kenaikan harga itu disampaikan Udin Seto (30), peternak kambing asal Kelurahan Duwet, Pekalongan, (11/6/2023).

Baca juga :  Ingat Ini! Laporkan Penarikan Tarif Parkir Lebihi Aturan di Kota Pekalongan

"Menjelang Hari Raya Idul adha, selalu ada kenaikan harga kambing. Termasuk tahun ini, mulai naik jika dibandingkan hari biasa. Naiknya sekitar Rp 300.000-Rp 500.000," kata Udin saat ditemui di Bazar Kambing Kota Pekalongan.

Harga kambing jantan usia dua tahun yang sudah siap untuk kurban, di peternakan Udin kelola dijual sekitar harga Rp2 juta per ekor  hingga Rp 8 juta per ekor ada disana.

"Lihat kondisi kambing juga, kalau kambingnya besar dan gemuk, momen seperti ini harganya bisa sampai Rp8 juta juga ada," paparnya.

Ia mengungkapkan penjual kambing milinya sejauh ini terus meningkat.

"Penjualan kambing tiap Minggu hampir 10 hingga 12 ekor. Ini untuk penjualan lokal saja," katanya.

Bahkan Udin menyebutkan, penjualan tak hanya dari lokal Pekalongan saja bahkan juga luar Kota.

"Untuk luar kota biasanya bay order, jadi bisa sampai 15 ekor kambing per Minggu," lanjut Udin.

Jadi menurutnya kalau di total tiap Minggu usaha peternakan Udin mampu menjual hingga 20 ekor lebih kambing untuk persiapan Idul Adha mendatang. 

Disini sebagai peternak Udin berbagi tips memilih hewan kurban yang baik diantaranya hewan kambing harus nampak sehat bisa dilihat dari ukuran badan yang gemuk, tidak boleh cacat fisik, dan yang terpenting lihat kondisi bulu kambing dipastikan harus sehat.

"Upayakan kondisi bulu kambing tidak kasar atau bulu dengan kondisi kering. Biasanya, kalau bulu kambing kering kondisi daging nanti  kurang bagus. Uapayakan bulu kambing dalam kondisi lembut dan nampak basah, itu baru sehat. Dipastikan daging yang dihasilkan gemuk dan bagus nantinya," tandas Udin.(DF)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: