Relawan Belajar.id Mendapatkan Aktivasi untuk Menggunakan Akun Belajar

Relawan Belajar.id Mendapatkan Aktivasi untuk Menggunakan Akun Belajar

BERI MATERI - Narasumber memberikan materi kepada peserta.-Malekha-

KOTA - Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Komunikasi dan Informasi Daerah (Dinkominfo) bekerjasama dengan Smart Learning and Character Center (SLCC) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) telah menyediakan channel learning.id untuk para relawan untuk memperlancar, mengaktifkan dan menggunakan akun thelearning.id, berlangsung pada Selasa (13/06/2023) di ruang ILC Dinkominfo setempat.

Kepala Dinkominfo Kota Pekalongan Arif Karyadi dan Kepala Bidang Aplikasi dan Koding Kusuma Adi Achmad menjelaskan bahwa tentunya ada banyak platform untuk akun Belajar.id, mulai dari aplikasi pengolah kata, pengolah angka, presentasi dan sistem manajemen pembelajaran.

“Bisa digunakan untuk pelajar dan tenaga kependidikan, khususnya di bidang administrasi sekolah,” kata Koding, sapaan akrabnya.

Menurutnya, penerapan ini membutuhkan peningkatan keterampilan secara bertahap, dimulai dari relawan yang dapat berdampak pada guru dan tenaga pendidik di sekolah. 

Lanjutnya, Dinkominfo mendukung penuh kegiatan pembekalan ini. “Berawal dari mindset, skill dan tools, diharapkan penggunaan akun studi.id dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan, mahasiswa, tenaga kependidikan dan tenaga kependidikan, sehingga kegiatan belajar mengajar yang berkualitas terus dilaksanakan," imbuhnya.

Sementara itu, Narasumber kegiatan tersebut Heru Pramono menerangkan, bahwa  pembekalan peserta diberikan pengetahuan tentang pengenalan  laman belajar.id sebagai pintu utama untuk pengajuan akun dan troubleshoot akun, serta launching akun studi.id untuk membantu tugas administrasi atau manajemen pembelajaran.

“Selain itu, kami perkenalkan penggunaan platform pembelajaran mandiri yang dirilis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk membantu para guru meningkatkan manajemen pembelajarannya, khususnya penerapan kurikulum mandiri,” ujar Heru.

Heru menjelaskan, akun belajar.id merupakan akun komunikasi resmi Kemendikbud untuk siswa, guru, dan tenaga kependidikan. Akun ini dapat mengakses Canva untuk Pendidikan, dapat diakses sebagai Canva Premium.

“Saya harap ini akan mengajarkan lebih banyak tentang manfaat akun studi.id sehingga guru dapat memanfaatkan akun yang diaktifkan secara maksimal dan membuat perbedaan bagi siswanya dan lebih mempromosikan keberadaan akun belajar.id," pungkas Heru. (mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: