Bupati Ditodong Perbaikan Saluran Irigasi Pertanian

Bupati Ditodong Perbaikan Saluran Irigasi Pertanian

DITODONG - Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq ditodong perbaikan saluran irigasi oleh petani Desa Langensari, Kecamatan Kesesi. -Triyono-

KAJEN - Bupati Pekalongan Fadia Arafiq ditodong perbaikan saluran irigasi oleh petani Desa Langensari, Kecamatan Kesesi. Hal itu dilontarkan saat acara sedekah bumi atau legenonan di Desa Langensari Kecamatan Kesesi, kemarin malam. 

Dalam acara sedekah bumi sebagai bentuk syukur dan memohon akan hasil bumi yang melimpah, warga melaluu Kepal Desa Langensari Kecamatan Kesesi menyampaikan beberapa permohonan diantaranya normalisasi saluran irigasi dan pelebaran jalan Kabupaten Pekalongan. Tepatnya Jalan Jagung-Langensari- Kesesi. 

Kepala Desa Langensari, Kecamatan Kesesi, Setyo Budi menyampaikan dengan kedatangan Bupati Pekalongan Fadia Arafiq membawa berkah bagi masyarakat. Ia mengaku sebelumnya menyampaikan pesan warga, karena meski dikelilingi sungai namun saluran air irigasi untuk pertanian kurang maksimal. 

"Warga minta saluran irigasi di Desa Kwasen sampai Langensari kurang maksimal agar segera dibenahi. Kemudian petani memohon minta pompa besar agar bisa mengairi sawah,"sekitar.

Sementara Bupati Pekalongan Fadia Arafiq menyampaikan Pak Lurah sudah menyampaikan beberapa aspirasinya apa keinginannya dari masyarakat desanya, ini mungkin susah air irigasi bagi petani. 

"Kalau saya lihat Insyaallah kita tahun 2023 ini untuk Desa Langensari nggeh bapak Ibu ini akan kita siapkan yang satu yaitu saluran irigasi dan Jalan Kwasen - Jagung melalui  Langensari dianggarkan Rp 190 juta dibangun sebentar lagi Insyaallah paling telat 1sampai 2 bulan kedepan sudah bisa dibangun. Terus yang kedua pelebaran jaran poros Desa Langungsari - Kwasen sebesar kurang lebih Rp 150 juta rupiah," katanya. 

Kemudian, ada pembuatan tebing kali Desa Langensari ini juga kurang lebih nilainya Rp100 juta dan yang keempat bronjong sungai didukung gitu Desa Larangan Sari itu senilai Rp 95 juta. 

"Desa Langensari tahun itu banyak sekali mendapatkan bantuan, sedangkan untuk pompa air besok saya akan ketemu Dinas. Saya minta untuk mengecek dan PMD untuk komunikasi sama PU mudah-mudahan biar bisa dibantu jadi petani senang hasil panen melimpah, " ungkapnya. (Yon) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: