5 Obat Alami Asam Urat, Mudah Dibuat dan Tanpa Efek Samping

5 Obat Alami Asam Urat, Mudah Dibuat dan Tanpa Efek Samping

Ilustrasi asam urat-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Banyak bahan herbal atau bahan alami di sekitar kita yang bisa digunakan untuk obat alami asam urat. Pilihan menggunakan obat alami ini karena lebih aman dan tidak ada efek sampingnya, meskipun keampuhannya masih memerlukan penelitian yang lebih mendalam.

Asam urat sendiri terjadi karena adanya penumpukan kristal Asam urat yang tinggi dalam darah. Peradangan dan rasa nyeri akan dirasakan, sehingga penderita Asam urat akan merasa tidak nyaman. 

Dengan kandungan yang dimilikinya, ada beberapa bahan alami yang bisa memberikan dampak positif bagi penderita asam urat.

Baca juga:Tak Nyaman dengan Asam Urat, Berikut 11 Makanan dan Minuman Penurun Asam Urat di Sekitar Kita

Berikut ini beberapa obat asam urat alami dengan bahan yang mudah diperoleh dan aman tanpa efek samping.

1. Jus buah ceri

Buah ceri, baik yang rasanya asam, manis, berwarna merah atau hitam, berdasarkan survei tahun 2016, merupakan obat asam urat alami yang populer dan ampuh bagi banyak orang. 

Untuk mengatasi penyakit asam urat, buah ceri dapat dimakan secara langsung atau membuatnya menjadi jus. Makanlah 1 pon ceri perhari, atau minumlah setengah cangkir jus ceri perharinya untuk menurunkan asam urat. Ekstrak buah ceri juga sudah dijual di toko kesehatan. 

2. Jahe

Untuk membuat obat asam urat dari jahe sangat mudah. Yakni, 1 sendok makan parutan jahe segar direbus dalam air. Selanjutnya, ambil kain lap dan direndam dalam air rebusan tersebut. Saat air sudah dingin, tempelkan atau kompres lap tersebut ke area yang terasa sakit. Lakukan cara ini minimal sekali sehari selama 15-30 menit. 

Selain obat kompres untuk mengurangi nyeri peradangannya, air rebusan jahe juga bisa diminum untuk mengatasi asam urat. Caranya, 2 sendok teh jahe direbus dalam air selama 10 menit. Rebusan air jahe ini diminum 3 cangkir setiap harinya.

3. Jus lemon, cuka sari apel dan kunyit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: