Tak Nyaman dengan Asam Urat, Berikut 11 Makanan dan Minuman Penurun Asam Urat di Sekitar Kita

Tak Nyaman dengan Asam Urat, Berikut 11 Makanan dan Minuman Penurun Asam Urat di Sekitar Kita

Ilustrasi penyakit asam urat-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Sejumlah bahan makanan baik itu buah-buahan, sayuran, maupun minuman tertentu terbukti bisa menurunkan kadar asam urat. Dan bahan makanan itu berada di sekitar kita. Banyak yang harganya murah dan mudah didapat.

Untuk mengurangi gejala asam urat yang membuat badan terasa nyeri, terutama di persendian, coba rutinkan mengonsumi bahan makanan yang terbukti mampu menurunkan gejala asam urat. Pasalnya, jika asam urat dibiarkan begitu saja, produktivitas kerja kita bisa terganggu.

Jangan hanya bergantung pada obat-obatan kimiawi, terapkan pola makan yang sehat untuk mencegah dan menghancurkan asam urat di tubuh kita.

Baca juga:Obati Asam Urat dengan Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini, Murah dan Mudah Didapatkan

Bahan makanan dan minuman apa saja yang dapat menurunkan asam urat? Berikut daftar rekomendasinya.

1. Pisang

Pisang salah satu buah yang murah, mudah dijumpai kapanpun dan dimanapun juga. Tak disangka, pisang ampuh untuk mencegah dan menurunkan asam urat. Pasalnya, kandungan kalium pada pisang cukup tinggi. Senyawa ini dapat membantu mencegah pembentukan kristal asam urat di dalam tubuh.


Buah pisang-Tangkapan layar freepik.com-

Jika teryata kristal asam urat sudah terbentuk, kalium pada pisang dapat mencegah pengerasan sehingga lebih mudah dikeluarkan oleh ginjal. Selain rendah senyawa pembentuk asam urat (purin), pisang kaya akan serat dan vitamin C yang dapat membantu ekskresi purin dan asam urat. Makanlah 1-2 buah pisang per hari, dan dapatkan manfaatnya secara optimal.

2. Sayur-sayuran

Jenis sayuran yang tidak mengandung purin tinggi cocok sebagai makanan untuk penderita asam urat dan kolesterol. Di antaranya, tomat, wortel, dan brokoli. Selain rendah purin, ketiga sayuran ini juga mengandung berbagai zat antioksidan yang baik untuk penderita asam urat.


Tomat-Tangkapan layar freepik.com-

Beberapa pilihan sayur rendah purin lainnya adalah kentang, mentimun, dan kubis. Akan tetapi, penderita asam urat perlu berhati-hati dalam memilih sayuran. Pasalnya, beberapa jenis sayur, seperti bayam, kangkung atau asparagus justru mengandung purin yang menjadi pantangan asam urat.

3. Kacang-kacangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: