Tak Nyaman dengan Asam Urat, Berikut 11 Makanan dan Minuman Penurun Asam Urat di Sekitar Kita

Tak Nyaman dengan Asam Urat, Berikut 11 Makanan dan Minuman Penurun Asam Urat di Sekitar Kita

Ilustrasi penyakit asam urat-Tangkapan layar freepik.com-

Sering kali diseduh sebagai minuman, tak jarang ekstrak teh hijau digunakan sebagai campuran makanan.Menurut penelitian, teh hijau kaya akan antioksidan bernama katekin yang mampu menghambat produksi asam urat dalam tubuh. Selain itu, teh hijau juga bisa mencegah pembentukan kristal asam urat dan batu ginjal ukuran besar.

10. Ikan salmon

Ikan salmon adalah makanan penurun asam urat yang kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat menurunkan asam urat. Omega-3 dalam salmon diketahui mampu mengurangi pembengkakan dan peradangan akibat asam urat.

Di samping itu, ikan salmon mengandung purin dan asam lemak jenuh rendah sehingga dapat menurunkan atau menjaga kadar kolesterol dan asam urat dalam tubuh.

11. Kopi

Minum kopi dengan takaran yang tepat ternyata dapat membantu mengurangi risiko asam urat. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut tentang manfaat kopi yang satu ini.

Di sisi lain, kopi tidak disarankan bagi penderita kondisi medis tertentu. Oleh karena itu, konsultasikan dengan dokter apabila ingin mengonsumsi kopi sebagai salah satu cara menurunkan asam urat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: