Tak Nyaman dengan Asam Urat, Berikut 11 Makanan dan Minuman Penurun Asam Urat di Sekitar Kita

Tak Nyaman dengan Asam Urat, Berikut 11 Makanan dan Minuman Penurun Asam Urat di Sekitar Kita

Ilustrasi penyakit asam urat-Tangkapan layar freepik.com-

Kacang-kacangan, seperti kacang polong dan buncis, merupakan makanan penurun asam urat yang aman dikonsumsi. Jenis makanan ini mengandung protein nabati tinggi yang baik untuk tubuh.

4. Air putih

Air putih adalah asupan yang sangat penting bagi tubuh, begitu pun bagi penderita asam urat. Mencukupi kebutuhan air setiap hari atau kurang lebih 2 liter per hari dapat membantu menjaga konsistensi urine sehingga asam urat lebih mudah larut dan tidak menumpuk dalam tubuh.


Air putih-Tangkapan layar freepik.com-

Untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal, disarankan mengonsumsi air putih hangat. Hal ini dikarenakan air putih hangat dapat membantu melancarkan peredaran darah, sehingga metabolisme tubuh akan meningkat.

5. Buah ceri

Ceri merupakan salah satu buah yang sangat direkomendasikan untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Hal ini dikarenakan ceri mengandung antosianin (pigmen berwarna merah-ungu) yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi.

Kandungan tersebut diyakini dapat menurunkan kadar asam urat sekaligus meredakan nyeri sendi. Manfaat ceri akan lebih optimal jika dikonsumsi dengan obat asam urat dari dokter.

6. Susu rendah lemak

Susu segar maupun produk olahan susu, seperti yogurt dan keju yang rendah lemak memiliki manfaat baik bagi penderita asam urat. Protein dalam susu rendah lemak bermanfaat melancarkan pembuangan asam urat melalui urine sehingga dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah sekaligus mengurangi risiko kambuh.

7. Cuka apel

Cuka apel merupakan makanan tinggi kalium yang dapat membantu menjaga keseimbangan pH tubuh. Kandungan asam asetat dalam cuka apel mampu mengurangi risiko penyakit yang dapat memengaruhi asam urat seperti obesitas dan diabetes. Cuka apel diketahui pula memiliki fungsi sebagai antiinflamasi alami sehingga mampu meredakan peradangan atau mengurangi rasa nyeri akibat asam urat. 

8. Makanan tinggi serat

Selain baik untuk kesehatan pencernaan, makanan tinggi serat diketahui bermanfaat untuk membantu mengontrol kadar asam urat dalam tubuh. Makanan berserat dapat menyerap asam urat berlebih dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko penyakit asam urat.

9. Teh hijau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: