Daun Pepaya Ternyata Bisa untuk Obat Demam Berdarah, Jadikan Kulit Awet Muda Hingga Penyubur Rambut Alami

Daun Pepaya Ternyata Bisa untuk Obat Demam Berdarah, Jadikan Kulit Awet Muda Hingga Penyubur Rambut Alami

Daun pepaya-Tangkapan layar Pixabay.com-

Kandungan senyawa acetogenin dalam daun pepaya bersifat anti kanker. Dalam journal of Ethnopharmacology, enzim dalam daun pepaya dapat melawan kanker hati, kanker paru-paru, kanker pankreas, dan kanker payudara. Sifat anti peradangan dari daun pepaya juga dapat membantu mengurangi peradangan dan efek samping kemoterapi. 

5. Menyuburkan rambut

Ingin rambut tumbuh subir, rajinlah makan daun pepaya. Kandungan antioksidan di dalamnya berperan dalam proses penumbuhan rambut dan membantu mengurangi stres oksidatif.

6. Mengurangi nyeri haid

Bagi wanita yang tengah haid, mengonsumsi jus daun pepaya dapat mengurangi rasa sakit akibat haid karena terdapat senyawa yang bermanfaat untuk melancarkan keluarnya darah dari rahim.

7. Membuat kulit lebih sehat

Daun pepaya ternyata bermanfaat bagi kecantikan. Daun ini bisa menjaga kesehatan kulit dan membuatnya tampak lebih bersih dan tampak awet muda. Papaya, enzim pelarut protein dalam daun pepaya, dapat digunakan secara topikal sebagai eksfolian untuk mengangkat sel kulit mati dan berpotensi mengurangi kejadian pori-pori tersumbat, rambut yang tumbuh ke dalam, hingga jerawat. 

Selain itu, enzim daun pepaya juga banyak digunakan untuk meningkatkan penyembuhan luka. Sebuah penelitian menemukan bahwa enzim tersebut meminimalkan munculnya jaringan parut pada kelinci yang diteliti.

8. Meningkatkan imunitas tubuh

Daun pepaya secara alami mampu melakukan regenerasi sel darah putih dan trombosit. Daun pepaya mempunyai kandungan lebih dari 50 bahan termasuk vitamin A, C, dan E yang menunjang sistem kekebalan tubuh.

9. Anti malaria

Daun pepaya juga memiliki sifat anti malaria. Maka dari itu, jus daun pepaya sering dimanfaatkan di berbagai belahan dunia sebagai profilaksis untuk mencegah malaria di daerah endemis tertentu.

10. Menghambat pertumbuhan bakteri

Ekstrak daun pepaya mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Pasalnya, daun pepaya memiliki 50 bahan aktif termasuk senyawa karpain yang menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur, cacing, parasit, bakteri, serta berbagai sel kanker.

11. Memiliki efek anti inflamasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: