Manfaat Bunga Pepaya yang Jarang Diketahui, Bisa Normalkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat Bunga Pepaya yang Jarang Diketahui, Bisa Normalkan Tekanan Darah Tinggi

Bunga pepaya-Tangkapan layar Pixabay.com-

RADARPEKALONGAN - Tak hanya daunnya, bunga pepaya bisa diolah menjadi menu yang lezat seperti tumis bunga pepaya. Namun, tak disangka bunga pepaya juga berguna bagi kesehatan tubuh kita. 

Di dalam bunga pepaya, ada kandungan energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. Murah meriah, mudah didapat, namun kaya akan manfaat. 

Baca juga:12 Manfaat Daun Pepaya, Obati Demam Berdarah, Jadikan Kulit Awet Muda Hingga Penyubur Rambut Alami

Beberapa manfaat bunga pepaya dirangkum dari berbagai sumber di antaranya:

1. Melancarkan sistem pencernaan dan melindunginya dari infeksi bakteri

Bunga pepaya dipercaya dapat melindungi saluran pencernaan dari infeksi bakteri, seperti E. coli dan S. aureus. Kandungan dalam bunga pepaya seperti tannin membantu organ-organ pencernaan di dalam tubuh, untuk melakukan fungsinya dengan optimal sehingga membuat metabolisme tubuh menjadi lebih lancar.

2. Melancarkan peredaran darah

Jika mengalami penyakit tekanan darah tinggi, tambahkan bunga pepaya pada menu makanan secara teratur. Upaya ini bisa membantu untuk menormalkan kembali tekanan darah. Pasalnya, kandungan yang ada di dalam bunga pepaya sangat bermanfaat untuk mengatur sirkulasi darah di dalam tubuh.

3. Memperbaiki nafsu makan

Bunga pepaya bisa digunakan untuk mengembalikan nafsu makannya yang hilang. 

4. Mengobati diabetes

Bunga pepaya dipercaya dapat membantu menurunkan kadar insulin di dalam tubuh sebagai penyebab utama seorang mengalami diabetes. Meskipun demikian, belum ada penelitian yang secara ilmiah menunjukan bahwa bunga pepaya memang bisa menyembuhkan diabetes. 

5. Menangkal radikal bebas

Di dalam bunga pepaya mengandung unsur yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan berguna untuk menangkal masuknya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. Radikal bebas yang berasal dari polusi yang terjadi di lingkungan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang dapat merugikan kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: