Sering Nyeri Dada dan Mudah Lelah, Waspadai Gejala Kolesterol Tinggi, Ini 7 Tandanya

Sering Nyeri Dada dan Mudah Lelah, Waspadai Gejala Kolesterol Tinggi, Ini 7 Tandanya

Ilustrasi cek kadar kolesterol-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Usia di atas 40 tahun, acapkali kerap merasakan ketidaknyamanan tubuh. Apakah itu sering pegal-pegal, nyeri dada, nyeri kaki, mudah lelah dan mudah mengantuk. Hati-hati! Bisa jadi keluhan itu karena kolesterol tinggi. 

Kolesterol adalah lemak yang diproduksi oleh tubuh. Ada dua jenis Kolesterol. Yakni Kolesterol jahat (LDL) dan Kolesterol baik (HDL). Kolesterol sendiri penting bagi tubuh, yakni membantu tubuh memproduksi sejumlah hormon, vitamin D, dan asam empedu untuk mencerna lemak. 

LDL fungsinya mengangkut kolesterol dari organ hati ke sel-sel yang membutuhkan. Jika jumlahnya melebihi kebutuhan, akan mengendap pada dinding-dinding arteri yang menyebabkan penyakit. 

Sedangkan, HDL fungsinya sebaliknya, yakni mengangkut kolesterol kembali ke dalam organ hati. Kolesterol dalam hati akan dihancurkan atau dikeluarkan oleh tubuh melalui feses atau kotoran.

Kelebihan kolesterol dapat disebabkan oleh makanan dengan kandungan kolesterol tinggi atau kurang olahraga. Bisa juga karena faktor keturunan. Selain itu, sejumlah penyakit seperti penyakit gagal ginjal kronis, diabetes, HIV?Aids, dan lupus juga dapat menyebabkan kadar kolesterol tidak sehat.

Kadar kolesterol dalam darah melampaui kadar normal atau kolesterol tinggi inilah yang dapat meningkatkan risiko penyakit serius. Serangan jantung dan stroke merupakan penyakit yang paling sering timbul akibat kolesterol tinggi.

Baca juga:Kolesterol Tinggi, Konsumsi 5 Makanan Ini, Dijamin Langsung Turun

Lantas, adakah ciri-ciri khusus yang menandakan seseorang kadar kolesterolnya tinggi? Buruknya, kolesterol tinggi kerap tidak menunjukkan gejala khusus sampai timbul komplikasi, seperti penyakit jantung atau stroke. Meskipun demikian, beberapa kondisi berikut ini patut diwaspadai sebagai tanda kolesterol tinggi

1. Mudah lelah 

Dr Ayustawati PhD dalam bukunya yang berjudul Mengenali Keluhan Anda: Info Kesehatan Umum untuk Pasien (2013) menyebutkan, gejala kolesterol tinggi tidak spesifik. Ia menyebut beberapa kondisi seperti rasa cepat lelah biasanya bisa menjadi tanda kolesterol tinggi. Ini bisa terjadi akibat munculnya plak di pembuluh darah karena kadar kolesterol tinggi yang menyebabkan berkurangnya aliran darah ke jaringan tubuh. 

2. Suka mengantuk 

Bagi yang suka mengantuk tanpa sebab yang mendukungnya seperti habis bergadang atau sebab kurang tidur lainnya, bisa menjadi salah satu dampak tidak langsung dari kolesterol tinggi dan adanya sumbatan pada pembuluh darah. Pasokan oksigen ke otak berkurang, maka suka mengantuk.  

3. Nyeri dada 

Rasa nyeri di dada juga perlu diwaspadai sebagai tanda kolesterol tinggi. Ini diakibatkan penumpukan plak akibat kadar kolesterol tinggi di pembuluh darah jantung. Gejala ini juga bisa menjadi penanda awal mula terjadinya penyakit jantung atau serangan jantung sebagai komplikasi dari kolesterol tinggi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: