Yuk Kerjakan 5 Amalan ini Saat Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah Idul Adha 2023, Pahalanya Bisa Setara Berhaji

Yuk Kerjakan 5 Amalan ini Saat Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah Idul Adha 2023, Pahalanya Bisa Setara Berhaji

Ilustrasi-Radar Pekalongan/Novia Rochmawati -

RADAR PEKALONGAN - Saat ini umat muslim diberikan kesempatan untuk menjalankan puasa sunah puasa tarwiyah dan puasa arafah menjelang Idul Adha tahun 2023.

 

Puasa Tarwiyah sendiri merupakan puasa yang dilakukan pada hari tarwiyah, atau hari pada tanggal 8 Dzulhijjah. Sedangkan Puasa Arafah merupakan puasa yang dilakukan pada hari Arafah, atau hari ke-9 pada penanggalan bulan Dzulhijjah. 

 

Di Indonesia sendiri, tahun ini terjadi perbedaan pada penanggalan hijriyah. Dimana untuk yang mengikuti pemerintah, maka hari tarwiyah dan arafah akan jatuh pada tanggal 27-28 Juni 2023, dan Idul Adha akan dilaksanakan pada 29 Juni 203. Sedangkan bagi masyarakat kalangan Muhammdiyah Puasa Tarwiyah bisa dilaksanakan 26 Juni 2023 dan Puasa Arafah 27 Juni 2023. 

 

Bagi yang sedang melaksanakan Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah, ada beberapa amalan yang bisa menambah pahala. Bahkan jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, bisa mendapatkan pahala setara pahala berhaji. Berikut 5 amalan yang bisa dikerjakan dilansir dari suara.com

 

1. Memperbanyak Membaca Al-Quran 

Selain di Bulan Ramadan, Hari Tarwiyah dan Arafah merupakan hari yang baik bagi umat muslim. Oleh karenanya, hari ini sangat bagus untuk memperbanyak bacaan Al-Quran dan berzikir. Tak ada ketentuan khusus untuk membaca surat tertentu, karena semua surat sama baiknya. Di waktu ini juga cocok untuk menjadi masa bagi kalian yang ingin mengkhatamkan membaca Al-Quran. 

 

2. Membaca Dua Kalimat Syahadat

Kalimat Syahadat menjadi salah satu kalimat yang baik diucapkan oleh umat muslim. Oleh kareanya, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak membaca kalimat syahadat di waktu-waktu terbaik, salah satunya pada hari tarwiyah dan hari arafah. hal ini seperti disampaikan Sayyid Muhammad bin Alawi dalam kitab Ithmi’nanul Qulub Bidzikri ‘Allamil Ghuyub, dimana seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La ilaha illallah Muhammadur Rasulullah. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: