Daging Kambing Empuk dan Tidak Bau Apek, Ikuti Cara Memasaknya Berikut Ini

Daging Kambing Empuk dan Tidak Bau Apek, Ikuti Cara Memasaknya Berikut Ini

Ilustrasi daging-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Salah satu hewan kurban adalah kambing. Banyak anggapan di masyarakat, daging kambing itu apek atau prengus. Bahkan acapkali setelah dimasak ternyata dagingnya alot.

Baca juga:Jangan asal Masukkan Kulkas, Yuk Ikuti Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Menurut Pakar IPB

Jangan bingung! Coba ikuti tips masak daging kambing berikut ini agar daging kambing empuk dan tidak prengus.

1. Daging tak perlu dicuci

United States Department of Agriculture (USDA) menganjurkan untuk tidak mencuci daging kambing sebelum dimasak atau disimpan. Jika dicuci bisa berdampak pada meningkatnya jumlah mikroba dan memunculkan bau pada daging.

2. Daging harus diiris dengan benar

Jangan sepelekan saat mengiris-iris daging kambing. Sebab, salah satu kunci agar daging kambing empuk adalah teknik mengiris daging dengan benar. 

Caranya, agar irisan daging lembut, periksa arah serat otot. Potong melintang atau tegak lurus dengan serat otot daging. Jangan memotong daging searah dengan serat otot, karena daging bisa keras saat dimasak. Tips memotong daging kambing tersebut juga membantu memecah protein yang keras dan membuat bumbu rendaman (marinasi) terserap lebih mudah. 

3. Rendam daging yang lama

Agar daging empuk, rendam (marinasi) daging kambing di dalam pepaya mentah yang telah dihaluskan selama kurang lebih 2-3 jam. Dapat juga dengan menambahkan parutan nanas atau dibungkus daun pepaya sebelum dimasak agar mendapatkan daging yang empuk.

Selain itu, gunakan juga marinasi dari kiwi atau lemon yang dicampur merica dan garam agar daging kambing tidak bau dan keras. Campuran ini dapat membantu proses pemecahan serat yang padat pada daging kambing. 

4. Rebus daging dengan benar

Cara masak daging kambing yang paling sehat adalah direbus. Hindari teknik menggoreng daging karena dapat menambah lemak dari minyak goreng yang digunakan. Sedangkan daging dibakar akan berisiko menambah zat karsinogenik penyebab kanker.

Teknik merebus pun akan mempengaruhi alot tidaknya daging. Rebuslah daging kambing perlahan sekitar tiga jam lebih pada suhu rendah. Ini dapat membantu membuat daging lebih empuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: