Jangan asal Masukkan Kulkas, Yuk Ikuti Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Menurut Pakar IPB

Jangan asal Masukkan Kulkas, Yuk Ikuti Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Menurut Pakar IPB

Ilustrasi simpan daging di kulkas-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Alhamdulillah Hari Raya Idul Adha telah tiba. Identik dengan Hari Raya Kurban. Maka biasanya di hari raya ini stok daging kurban melimpah.

Ndak mungkin kan semua daging langsung dimasak. Pasti ada sisa daging. Untuk itu, mari simak tips menyimpan daging kurban di kulkas menurut pakar IPB. 

Baca juga:Cara Sehat Mengonsumsi Daging Kurban Menurut Ahli Gizi, Kurangi Masak dengan Cara ini! Agar Lebih Sehat

Dosen Divisi Teknologi Hasil Ternak, Departemen llmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan IPB University, Tuti Suryati membagikan cara menyimpan daging kurban dengan benar. Tak hanya itu saja, Tuti Suryati juga membagikan ilmunya tentang mengolah daging kurban yang benar.

Tuti Suryati mengatakan, sampai di rumah langkah pertama yang dilakukan ialah pisahkan bagian daging dan jeroan. Jika ditemukan adanya kotoran seperti tanah, pasir, kerikil atau kotoran lainnya cuci dengan air bersih. 

Ia mengatakan, daging idealnya tidak dicuci. Sebab, proses pencucian daging akan berdampak terhadap meningkatnya jumlah mikroba dan memunculkan bau pada daging. Namun jika ada kotoran pastikan dicuci dengan air bersih. 

Selanjutnya, tiriskan daging hingga tidak ada air yang menetes di permukaannya. Daging bisa dikemas per 250 gram atau 500 gram dengan plastik transparan dan tidak berbau. Jika jeroan akan disimpan di kulkas, pastikan jeroan sudah dimasak dulu. 

Daging pun bisa diolah langsung menjadi aneka hidangan yang lezat. Bisa juga disimpan dingin dalam refrigerator atau kulkas, atau disimpan beku dalam freezer.

Saat akan menyimpan daging dalam kulkas, Tuti menyebutkan bahwa daging harus disimpan sesuai dengan porsi kebutuhan sajian. “Simpan beku dalam kemasan sesuai porsi kebutuhan per sajian,” ungkap Tuti.

Sebelum memasak daging yang sudah disimpan dalam keadaan beku tersebut, daging harus disegarkan kembali (thawing). Prosesnya dapat dilakukan di dalam kulkas. Cara lainnya dengan merendam daging dalam air dingin tanpa membuka kemasannya atau meletakkan daging di microwave.

Hindari melakukan thawing daging beku pada suhu ruang tanpa kemasan. "Selain itu, hindari membekukan kembali daging yang sudah di-thawing,” ujar dia.

Tuti pun memberi saran untuk menghindari memasak daging yang masih beku supaya tidak alot. Jangan mengolah daging dengan bumbu-bumbu kaya antioksidan. Masaklah daging dengan suhu dan waktu secukupnya.

Baca lagi:Nih Bun, 5 Cara Mengolah Daging Kurban Agar Empuk dan Tidak Berbau

Selanjutnya, untuk pengolahan daging kurban, Tuti menyarankan agar menggunakan panas yang cukup, baik itu direbus, dipanggang, dibakar, atau digoreng. Pastikan daging matang, namun jangan sampai gosong. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: