Operasi Patuh Candi 2023, Kapolres Minta Utamakan Langkah Edukatif Persuasif

Operasi Patuh Candi 2023, Kapolres Minta Utamakan Langkah Edukatif Persuasif

PENGECEKAN RANMOR - Kapolres Pekalongan Kota AKBP A Recky Robertho, didampingi Wakapolres dan Pejabat Utama Polres, serta Danyon B Pelopor Satbrimob Polda Jateng mengecek kesiapan ranmor dinas yang akan dilibatkan dalam Operasi Patuh Candi 2023, Senin (10-Wahyu Hidayat-

KOTA - Jajaran Polres Pekalongan Kota resmi menggelar Operasi Patuh Candi 2023 mulai 10 hingga 23 Juli mendatang. Ditandai dengan Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Candi 2023 di halaman mapolres setempat, Senin pagi (10/7/2023).

Kapolres Pekalongan Kota AKBP A Recky Robertho yang membacakan amanat Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi, mengatakan salah satu fokus perhatian Operasi Patuh Candi 2023 ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan, dimana keselamatan memang menjadi hal yang utama dalam etika berlalu lintas.

"Tujuan dilaksanakannya Operasi Patuh Candi 2023 ini untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas, serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas," kata AKBP Recky.

Kapores Recky menambahkan, dalam pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2023 ini, pihaknya menekankan kepada seluruh personel yang terlibat untuk melakukan langkah edukatif, persuasif, tegas, dan humanis.

Kegiatan tersebut didukung pula dengan penegakan hukum menggunakan ETLE (tilang elektronik), baik itu secara statis, mobile, maupun 'hand held'. "Disamping itu, lakukan tugas operasi patuh dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat," pesannya.

Seluruh personel juga diberi penekanan agar dalam melaksanakan Operasi Patuh Candi 2023 untuk mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani standar operasional prosedur yang telah ditentukan.

"Hindari tindakan yang kontraproduktif, pungli, arogan dan sewenang-wenang. Lakukan penegakkan hukum yang humanis, tegas dan menjunjung tinggi hak asasi manusia," tegasnya.

Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi 2023 dengan tema 'Patuh dan Tertib Berlalu Lintas Cermin Moralitas Bangsa' ini diikuti oleh ratusan personel Polres Pekalongan Kota, Brimob Batalyon B Polda Jateng, Personel TNI dari Kodim 0710/Pekalongan, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan Kota Pekalongan.

Kegiatan apel diisi pula dengan penyematan pita tanda dimulainya operasi kepada perwakilan peserta apel dari TNI, Polri, dan Dinas Perhubungan setempat.

Dilanjutkan dengan pengecekan kesiapan ranmor dinas yang akan dilibatkan dalam operasi, serta simulasi penanganan kejadian kecelakaan lalu lintas.

Kasatlantas Polres Pekalongan Kota AKP Koyim Maturrohman, menambahkan bahwa sasaran Ops Patuh Candi 2023, yakni pengendara kendaraan bermotor dan pengguna jalan lainnya yang melanggar lalu lintas, dan tempat-tempat yang terjadi gangguan kamtibmas khususnya bidang lalu lintas.

"Kami menghimbau kepada seluruh pengguna jalan, dan kepada seluruh warga masyarakat agar tetap selalu berhati hati dalam berkendara dan selalu tertib dalam berlalu lintas," imbaunya. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: