Cara Alami Atasi Rambut Rontok, Bisa Gunakan Minyak Zaitun hingga Teh Hijau

Cara Alami Atasi Rambut Rontok, Bisa Gunakan Minyak Zaitun hingga Teh Hijau

Ilustrasi cara alami atasi rambut rontok.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Masalah rambut rontok tentu menyebalkan, meskipun kondisi ini umum terjadi pada semua orang. Namun jika tak diatasi, dikhawatirkan dapat menyebabkan kebotakan.

Rambut rontok bisa diatasi dengan menggunakan produk-produk khusus perawatan Rambut rontok. Namun tentunya ini menambah beban keuangan kita. Untuk itu, cara paling praktis untuk mengatasi Rambut rontok ialan dengan mencukupi asupan nutrisi tubuh yang dibutuhkan oleh Rambut. Agar akar Rambut lebih kuat dan Rambut tumbuh dengan baik.

Sebelum mengulik cara mengatasi rambut rontok secara alami, mari simak ulasan penyebab rambut rontok. Sehingga kita bisa mencegah kerontokan rambut dengan lebih baik. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati. 

Dilansir dari beberapa sumber, ada banyak faktor penyebab rambut rontok, mulai dari akibat kurangnya asupan gizi hingga masalah psikologis. Bahkan, gonta ganti sampo pun bisa memicu rambut rontok. 

Baca juga:Bisa Haluskan Kulit Kasar, Ini 12 Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan

Penyebab rambut rontok yang pertama ialah kurangnya asupan gizi. Faktor ini bisa menyebabkan rambut tumbuh lebih tipis dan rapuh, sehingga menjadi lebih mudah rontok. Ini bisa terjadi pada seseorang yang jalani diet ketat. Diet yang tak seimbang bisa mengakibatkan asupan protein yang merupakan makronutrien penting pembentuk keratin rambut yang kuat dan kokoh berkurang.

Penyebab kedua, adanya perubahan hormon seperti perubahan hormon pada wanita akibat kehamilan, gangguan tiroid, atau menopause. Penyebab ketiga, akibat efek samping penggunaan obat-obatan. Beberapa obat dapat menyebabkan rambut rontok seperti obat antidepresan, gangguan jantung, hipertensi dan obat-obatan kemoterapi.

Penyebab rambut rontok selanjutnya bisa timbul akibat masalah psikologis seperti stres yang terus berulang. Sebab, stres bisa memicu berhentinya pertumbuhan folikel rambut. Jadi jangan kebanyakan stres ya agar rambut tumbuh sehat kembali. Pasalnya, hasil penelitian pakar seperti dilansir dove.com, rambut masih bisa tumbuh kembali sekitar empat bulan setelah stres menghilang.

Perawatan rambut yang kurang baik juga bisa merusak akar rambut. Salah satunya mengikat rambut dengan kuat dan kencang. Ini bisa menyebabkan rambut mudah rontok dan rusak. Hindari pula melakukan hair styling dengan alat-alat yang bersuhu tinggi atau melakukan pewarnaan rambut dengan bahan-bahan kimia. Sebab, rambut ternyata bisa stres dengan treatment tersebut.

Faktor keenam yang menyebabkan rambut rontok ialah tidak merawat kulit kepala dengan baik. Kulit kepala yang kurang bersih disebabkan karena timbunan sel-sel kulit mati. Penumpukan tersebut membuat kutikel rambut sulit bernapas karena tersumbat. 

Begitu pentingnya menjaga kesehatan kulit kepala hingga Sam Burnett, pakar rambut dari Hare & Bone seperti dilansir dove.com, menyarankan untuk selalu membersihkan kulit kepala secara menyeluruh agar rambut tumbuh sempurna. Membersihkan kulit kepala bisa menggunakan sampo yang aman dipakai setiap harinya.

Anemia pun bisa jadi penyebab rambut rontok. Kekurangan zat besi pada penderita anemia dapat menyebabkan terjadinya rambut rontok secara berlebih karena rendahnya kadar hemoglobin dalam darah, sehingga suplai oksigen untuk merangsang pertumbuhan rambut jadi berkurang.

Selain itu, kekurangan vitamin B12 akibat minimnya protein hewani bisa jadi penyebab rambut rontok. Begitu juga kekurangan vitamin D berpengaruh dengan kesehatan rambut. 

Selain vitamin, masalah rambut juga disebabkan kekurangan zat besi akibat minimnya protein yang menyimpan zat besi pada tubuh atau kadar Ferritin. Perbanyak makan kacang-kacangan, bayam, ataupun daging merah untuk memenuhi kebutuhan zat besi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: