Gempa Batang Magnitudo 4,6 Tidak Timbulkan Kerusakan, Kepala BPBD: Warga Tak Merasakan

Gempa Batang Magnitudo 4,6 Tidak Timbulkan Kerusakan, Kepala BPBD: Warga Tak Merasakan

Kepala Pelaksana BPBD Batang bersama Dandim 0736/Batang melakukan pemantauan di Pantai Sigandu, pasca gempa magnitude 4,6 tadi malam.--

BATANG - Gempa bumi dengan Magnitude 4,6 dengan pusat gempa berada 68 kilometer dari wilayah daratan Kabupaten Batang pada Selasa 25 Juli 2023 malam, tidak menimbulkan dampak bagi bangunan maupun warga.

Hal itu berdasarkan hasil pendapatan yang dilakukan oleh pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang sejak tadi malam hingga hari, Rabu 26 Juli 2023.

Baca juga : Gempa Bumi Magnitudo 4,6 Guncang Wilayah Batang, Pusat Gempa Terjadi di Laut

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Batang Ulul Azmi menjelaskan, setelah mendapat laporan terjadinya gempa dari BMKG, pihaknya bersama instansi terkait langsung melakukan pemantauan dan pendataan.

Hasilnya, tidak ada laporan dari masyarakat terkait gempa dengan kedalaman 550 kilometer dibawah laut tersebut.

"Tidak ada laporan dari warga yang merasakan gempa, termasuk wilayah Batang Kota," ungkap Ulul Azmi ketika di temui di Pantai Sigandu, Rabu 26 Juli 2023.

Dijelaskan, pihaknya melakukan pemantauan pasca informasi terjadinya gempa hingga Rabu dini hari. Selain itu, BPBD bersama instansi terkait juga mengumpulkan informasi dari sejumlah pihak sepanjang Pantura Batang mulai dari Pantai Celong hingga Pantai Sigandu. 

Berita lainnya: PJ Bupati : Jangan Ada Lagi Pungli di Sekolah Berkedok Infaq

"Meskipun tidak ada satupun pihak yang merasakan gempa, namun Hngga saat ini, kami bersama Kodim 0736/Batang terus melakukan pemantauan. Dan Alhamdulillah, belum ada laporan kerusakan dari warga," jelasnya.

Selain konfirmasi warga, pihak BPBD juga berkoordinasi dengan pihak Safari Beach Jateng yang ada di pantai Sigandu. Hal itu dilakukan karena hewan biasanya lebih sensitif terhadap fenomena alam yang terjadi.

"Hewan-hewan di Safari Beach tapi tidak ada yang bereaksi. Namun demikian atas perintah pimpinan, kami tetap melakukan monitoring pagi ini, khususnya ke daerah pesisir Batang hingga ke Gringsing," tandas Ulul Azmi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gempa bumi mengguncang wilayah Kabupaten Batang pada Selasa 25 Juli 2023, sekitar pukul 20.56 wib.

Informasi terjadinya gempa tersebut disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui akun Twitter resminya.

Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4,6 itu terjadi di wilayah laut. Sedangkan episentrum gempa terletak di titik koordinat 6,34 derajat Lintang Selatan (LS) dan 109,95 derajat Bujur Timur (BT), berjarak sekitar 68 km timur laut Batang-Jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: