DPRD Kota Pekalongan Gelar FGD Raperda tentang Ideologi Pancasila, Jaring Banyak Masukan Masyarakat

DPRD Kota Pekalongan Gelar FGD Raperda tentang Ideologi Pancasila, Jaring Banyak Masukan Masyarakat

FGD - DPRD Kota Pekalongan Gelar FGD Raperda tentang Ideologi Pancasila untuk menjaring masukan dari masyarakat.-Ainul Atho-

KOTA PEKALONGAN - DPRD Kota Pekalongan menggelar Forum Froup Discussion (FGD) terkait Raperda Prakarsa DPRD, yaitu Raperda tentang Pembinaan Ideologi Pancasila, Rabu (31/5/2023). Dalam FGD, banyak masukan yang diterima dari peserta.

Salah satunya dari perwakilan SMP Salafiyah, RM Firdaus. Dia mengusulkan agar dalam Pemilu mendatang, materi dari juru kampanye atau jurkam, harus juga disisipi tentang ideologi Pancasila.

Sebab, sebelum-sebelumnya yang terjadi justru sebaliknya. Ada provokasi yang bertentangan dengan ideologi Pancasila sehingga menimbulkan situasi yang tidak kondusif.

Kondisi itu jelas bertolak belakang dengan semangat dari semua pihak untuk terus menjaga Ideologi Pancasila agar tetap menjadi pedoman dalam menjalankan kehidupan bernegara dan bermasyarakat.

"Sehingga perlu diatur materi tentang Ideologi Pancasila di dalamnya (materi kampanye jurkam)," katanya.

Jika perlu, lanjut Firdaus, juga ditetapkan terkait sanksi jika ada pelanggaran terkait materi yang disampaikan jurkam yang justru bertolak belakang atau berisi provokasi.

FGD Raperda tentang Pembinaan Ideologi Pancasila, dipimpin oleh Ketua Bapemperda DPRD Kota Pekalongan, Makmur S Mustofa. Kegiatan dihadiri oleh perwakilan tenaga pendidik dan perwakilan organisasi masyarakat.

Masukan lain juga disampaikan, terutama terkait pentingnya penerapan Ideologi Pancasila di zaman sekarang. Sebab makin banyak generasi muda yang mulai lupa dengan penerapan Ideologi Pancasila dalam kehidupan.(nul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: