10 Amalan Pembuka Rezeki Menurut Alquran dan Hadist, Jalankan agar Rezeki Datang dari Arah Tak Disangka

10 Amalan Pembuka Rezeki Menurut Alquran dan Hadist, Jalankan agar Rezeki Datang dari Arah Tak Disangka

Ilustrasi koin emas-Tangkapan layar freepik.com-

"Sungguh, seandainya kalian bertawakal kepada Allah sebenar-benar tawakal, niscaya kalian akan diberi rezeki sebagaimana rezeki burung-burung. Mereka berangkat pagi-pagi dalam keadaan lapar, dan pulang sore hari dalam keadaan kenyang".

Allah berfirman dalam surat at Thalaq ayat 3,

"Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkannya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu".

4. Rajin beribadah

Dalilnya, Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya Allah berfirman, "Wahai anak Adam!, beribadahlah sepenuhnya kepada-Ku, nescaya Aku penuhi di dalam dada dengan kekayaan dan Aku penuhi keperluanmu. Jika kalian tidak lakukan yang sedemikian, nescaya Aku penuhi tanganmu dengan kesibukan dan tidak aku penuhi keperluanmu (kepada manusia)." (Tirmizi, Ahmad, dan Ibnu Majah).

5. Haji dan umrah

Kunci-kunci rezeki berikutnya yaitu melanjutkan haji dengan umrah atau sebaliknya. Imam Ahmad, At-Tirmidzi, An-Nasai, Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban meriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu anhu berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

"Lanjutkan haji dengan umrah, karena sesungguhnya keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa, sebagaiman api dapat menghilangkan kotoran besi, emas dan perak. Dan tidak ada pahal haji yang mabrur itu melainkan surga".

Baca lagi:Jangan Tidur di Pagi Hari, Rezeki Bisa Seret

6. Menjaga silaturahim

Silaturahim termasuk di antara sebab kelapangan rezeki. Di antara hadits itu ialah Imam Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu ia berkata, aku mendengar Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

"Siapa yang senang untuk dilapangkan rezekinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya) maka hendaklah ia menyambung (tali) silaturrahim".

7. Berinfak di jalan Allah

Di antara dalilnya adalah firman Allah dalam surat Saba ayat 39, "Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezeki yang terbaik".

Dalil lainnya,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: