MAN IC Pekalongan Kirim Delegasi Capaskibraka di Tingkat Provins

MAN IC Pekalongan Kirim Delegasi Capaskibraka di Tingkat Provins

BERFOTO - Walikota Pekalongan berfoto bersama delegasi Capaskibraka MAN IC Pekalongan ke tingkat Jawa Tengah.-Malekha-

KOTA - Tidak hanya unggul dalam prestasi akademik, tetapi juga unggul pada prestasi non akademik, itulah kiranya yang dapat mempresentasikan madrasah terbaik di Jawa Tengah yakni Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Pekalongan. Madrasah yang berada di Jawa Tengah tepatnya di Kota Pekalongan ini telah melahirkan peserta didik maupun alumninya meraih prestasi. Seperti yang baru-baru ini, menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI), Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di tingkat Kota/Kabupaten, Provinsi hingga Nasional.

MAN Insan Cendekia Pekalongan berhasil mengantarkan salah satu peserta didik menjadi delegasi tunggal Kota Pekalongan di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Nisrina Noor Ramadhani atau kerap disapa Nisrina, siswa kelas XI MAN IC Pekalongan berhasil menjadi tim Paskibraka Provinsi, dan akan mengikuti upacara Kemerdekaan RI Ke 78 di Lapangan Pancasila Simpang Lima, Semarang pada Kamis, 17 Agustus 2023 mendatang.

Berdasarkan surat Gubernur Jawa Tengah, seluruh Capaskibraka tingkat Provinsi mendapat panggilan untuk melaksanakan pemusatan pendidikan dan pelatihan pada tanggal 4-18 Agustus 2023 di Hotel Plaza Kota Semarang. Sebelum mengikuti kegiatan tersebut, Nisrina bersama Waka Humas Achmad Chosim yang mewakili Kepala Madrasah Khoirul Anam, bertemu Walikota Pekalongan H. Achmad Afzan Arslan Djunaid, S.E. untuk memohon doa restu pada Hari ini, Kamis (3/8/2023).

Secara resmi Walikota Pekalongan melepas delegasi paskibraka dari Kota Pekalongan tersebut dengan kebanggaan dan support penuh, karena MAN Insan Cendekia Pekalongan berhasil mengharumkan nama Kota Pekalongan. Pada kesempatan tersebut, H. Achmad Afzan Arslan Djunaid, S.E. memberikan pesan agar Nisrina dapat mengikuti kegiatan dengan lancar dan sungguh-sungguh. “mudah-mudahan lancar, dapat mengikuti dengan sungguh-sungguh, berikan kemampuan yang terbaik, jaga nama baik Kota Pekalongan” tuturnya.

Beliau juga menegaskan bahwa dalam melaksanakan kegiatan tersebut perlu menjadi seorang yang disiplin sesuai peraturan yang ada. Selain persiapan teknis, yang lebih utama adalah mempersiapkan fisik dan mental yang kuat.

H. Achmad Afzan Arslan Djunaid, S.E., menyampaikan harapan kedepan untuk MAN ICP agar bisa mengantarkan siswa menjadi paskibraka hingga tingkat nasional. Dimulai dengan menyeleksi peserta didik yang memenuhi kriteria kemudian dapat diarahkan untuk menjadi capaskibraka.

Sementara itu, Khoirul Anam melalui pesan teks turut bangga atas prestasi delegasi capaskibraka baik di tingkat Kota maupun Provinsi. Paskibraka merupakan salah satu yang menjadi ajang implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 

"Ajang bergengsi setiap tahunnya ini menjadi satu prestasi dan kebanggaan tersendiri bagi anak-anak muda. Melalui kegiatan ini, harapannya delegasi paskibraka MAN IC Pekalongan nantinya dapat menjadi duta Pancasila di madrasah sesuai harapan BPIP," pungkas Khorul Anam. (mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: