TMMD Selesai Bangun Jalan Beton Sepanjang 205 Meter di Gamer

TMMD Selesai Bangun Jalan Beton Sepanjang 205 Meter di Gamer

HASIL TMMD - Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya didampingi Wawalkot Pekalongan H Salahudin dan unsur forkopimda saat meninjau jalan beton hasil TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2023 di Kelurahan Gamer, Kecamatan Pekalongan Timur, Kamis (10/8/202-Wahyu Hidayat-

KOTA - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2023 oleh Kodim 0710/Pekalongan di Kelurahan Gamer, Kecamatan Pekalongan, Kota Pekalongan telah resmi ditutup pada Kamis (10/8/2023).

Melalui TMMD ini, TNI bersama warga telah selesai melaksanakan pembangunan jalan beton sepanjang kurang lebih 205 meter di Kelurahan Gamer. Sasaran fisik utama TMMD ini telah rampung 100 persen. Demikian pula berbagai sasaran nonfisik berupa penyuluhan-penyuluhan.

Upacara penutupan dilaksanakan di Lapangan Setono, dengan Inspektur Upacara Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya. Upacara dihadiri Wakil Wali Kota Pekalongan H Salahudin dan unsur forkopimda setempat. 

Upacara diikuti personel Kodim 0710/Pekalongan, Polres Pekalongan Kota, Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jateng, Satpol P3KP, Dinas Perhubungan, pelajar dan masyarakat kelurahan setempat serta stakeholder terkait. Penutupan TMMD ini ditandai dengan penyerahan hasil TMMD dari Dandim Rizky kepada Wawalkot Salahudin.

Di sela-sela peninjauan lokasi sasaran TMMD di RT 01 RW 09 Kelurahan Gamer, Dandim Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya menyampaikan kegiatan TMMD telah selesai dengan capaian semua sasaran selesai 100 persen.

"Alhamdulilah kegiatan TMMD telah selesai dengan capaian yaitu pekerjaan jalan sepanjang 205 meter dan lebar 3 sampai 4 meter, mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat. Setelah kita lihat bersama dalam program TMMD hasil pekerjaan jalan beton ini bagus, ditinggikan 30 sentimeter sesuai dengan permintaan warga," kata Dandim Rizky.

Rincian sasaran TMMD ini, yakni berupa pekerjaan pembuatan dan peninggian jalan beton sebanyak empat segmen. Segmen 1 Volume P. 43,50 m, L. 4 m dan T. 0,30 m, Segmen 2 Volume P. 42 m, L. 4,30 m dan T. 020 m, Segmen 3 Volume P. 50 m, L. 3,30 dan T. 0,20 m, Segmen 4 Volume P 69,50 m, L 3,00 dan T 0,20 m. 

Sedangkan sasaran nonfisiknya adalah penyuluhan Wawasan Kebangsaan, penyuluhan kamtibmas, penyuluhan tentang UMKM, penyuluhan penanggulangan nencana alam, dan penyuluhan kesehatan (stunting). TMMD ini berlangsung mulai 12 Juli-10 Agustus 2023.

Dandim Rizky menambahkan bahwa program TMMD ini telah rutin digulirkan oleh jajaran TNI Kodim 0710/Pekalongan dan program ini akan terus berlanjut untuk membantu program pembangunan fisik maupun nonfisik di Kota Pekalongan.

Sementara, Wakil Wali Kota Salahudin menyampaikan apresiasi atas digulirkannya kembali program TMMD dalam rangka mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah sekaligus mempererat kemanunggalan antara TNI dengan rakyat. 

"Alhamdulillah TMMD Sengkuyung Tahun 2023 tahap II ini bisa berjalan lancar dan rampung 100 persen. Selama pelaksanaan TMMD kemarin, kami melihat masyarakatnya kompak dan guyub rukun serta bersama anggota TNI Kodim 0710/Pekalongan meluangkan waktu dan tenaganya membantu pemerintah dalam penyediaan fasilitas jalan beton di Jalan Garuda RT 01 RW 09 Kelurahan Gamer," ucapnya.

Pihaknya berharap, hasil TMMD yang sudah bagus ini bisa bermanfaat bagi masyarakat setempat dan sarpras yang telah dibangun bisa dirawat bersama-sama agar bertahan lama. "Sikap keguyubrukunan warga kami harap juga terus berlangsung dalam kegiatan kemasyarakatan lain. Dengan guyub rukun, maka mereka akan memudahkan dalam menghadapi permasalahan yang ada di tengah masyarakat. Sehingga, ketika mereka sudah kompak dan guyub rukun, maka ketika ada masalah di dalamnya bisa segera terselesaikan dengan baik," ungkapnya.

Salah satu warga Jalan Garuda RT 01 RW 09 Kelurahan Gamer, Karyo Setiaji membeberkan, sebelum digulirkannya program TMMD ini, kondisi di jalan sekitar rumahnya ini 4 tahun belakangan sering tergenang rob dan banjir dengan ketinggian rata-rata hingga 60 cm. Dirinya mewakili warga setempat, mengapresiasi atas langkah dan upaya dari jajaran TNI Kodim 0710/Pekalongan bersama Pemerintah Kota Pekalongan yang telah melaksanakan program TMMD ini di wilayahnya.

"Dengan program TMMD ini berupa peningkatan jalan di wilayah kami, Alhamdulillah ketika hujan turun kondisi di wilayah kami sudah tidak tergenang banjir. Kami mewakili warga sangat berterima kasih dan senang sekali karena akses warga untuk beraktivitas jadi semakin mudah," imbuh Karyo. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: