Rumahnya Rusak akibat Gempa, 2 Warga Gamer Pekalongan Terima Bantuan Paket Sembako

Rumahnya Rusak akibat Gempa, 2 Warga Gamer Pekalongan Terima Bantuan Paket Sembako

Rumahnya rusak akibat gempa, 2 warga Gamer Kecamatan, Pekalongan Timur, Kota Pekalongan terima bantuan paket sembako dari BNPB, Senin, 8 Juli 2024.-Istimewa-

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.CO.ID - Sebanyak 2 warga Kelurahan Gamer, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan yang rumahnya rusak akibat gempa, menerima bantuan paket sembako dari pemerintah, Senin, 8 Juli 2024.

Penyaluran bantuan paket sembako dari BNPB itu dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat bersama perangkat Kelurahan Gamer, langsung kepada warga terdampak.

Serah terima bantuan dilaksanakan bersamaan dengan asesmen dan peninjauan ke lokasi 2 rumah yang rusak akibat gempa berkekuatan 4.6 SR pada Minggu, 7 Juli 2024 tersebut.

BACA JUGA:BPBD: Dua Rumah di Kota Pekalongan Rusak Ringan akibat Gempa Batang

BACA JUGA:Soal Penyebab Gempa Batang, BMKG Sebut Karena Hal Ini

Kalakhar BPBD Kota Pekalongan, Aprilyanto Dwi Purnomo, membenarkan kejadian gempa bumi di wilayah Batang kemarin turut berdampak pada rusaknya 2 rumah warga di Kelurahan Gamer, Kota Pekalongan yang lokasinya perbatasan dengan wilayah Kabupaten Batang. 

Kedua rumah itu masing-masing adalah milik Fatoni serta milik Sodikin. Keduanya berada di RT 002 RW 004 Kelurahan Gamer Kecamatan Pekalongan Timur. Kedua rumah tersebut dihuni oleh 2 KK dengan jumlah 7 orang.

Rumah Fatoni, dinding belakang area dapur roboh saat terjadi gempa dan mengenai atau menimpa atap samping rumah milik Sodikin.

Pada saat kejadian, kebetulan penghuni rumah sedang berada di dalam rumah. Beruntung, gempa tersebut tidak sampai mengenai anggota keluarga, walaupun saat kejadian istri dari Sodikin sedang memasak di dapur. Keduanya hanya merasakan kaget dan syok saat kejadian sampai lemas.

"Awalnya pada atap dan dinding dapur Bapak Fatoni ambrol karena tidak ada perkuatan dengan balok dan kolom. Jadi, hanya tumpukan batu bata saja. Secara konstruksi memang kurang kuat," kata Aprilyanto.

April menambahkan, dari hasil survei di lokasi kejafian tersebut, Lurah Gamer langsung membuat laporan untuk pengusulan bantuan terhadap 2 warganya yang rumahnya terdampak gempa.

BACA JUGA:Bantu Hilangkan Trauma Anak Korban Gempa Batang, Polda Jateng Terjunkan Tim Trauma Healing

Pihaknya bersyukur, tidak ada korban jiwa akibat gempa tersebut. Untuk kerugian akibat reruntuhan atap dan dinding bangunan dua rumah tersebut ditaksir Rp28,2 juta (kerusakan sedang).

Setelah dilakukan asesmen di lokasi, lanjut April, BPBD menyalurkan bantuan paket sembako dari BNPB kepada 2 KK terdampak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: