Rumahnya Rusak akibat Gempa, 2 Warga Gamer Pekalongan Terima Bantuan Paket Sembako

Rumahnya Rusak akibat Gempa, 2 Warga Gamer Pekalongan Terima Bantuan Paket Sembako

Rumahnya rusak akibat gempa, 2 warga Gamer Kecamatan, Pekalongan Timur, Kota Pekalongan terima bantuan paket sembako dari BNPB, Senin, 8 Juli 2024.-Istimewa-

"Untuk kerugian materiil yang dialami Bapak Fatoni yakni kerusakan dinding sekitar 28 meter persegi senilai Rp28 juta. Sementara, untuk rumah milik Bapak Sadikin terjadi kerusakan genteng karena tertimpa dinding rumah Bapak Fatoni, kerugian sekitar Rp200 ribu," ungkap April.

Pihaknya juga tengah mengusulkan ke Wali Kota untuk pemberian bantuan uang tunai ke dua KK terdampak. Adapun nominal bantuan, sesuai Perwal, jika kategori kerusakan sedang akan mendapatkan Rp2,5 juta sampai Rp5 juta.

"Jadi, bantuannya memang berupa stimulus untuk meringankan beban mereka," kata April.

Terpisah, Lurah Gamer, Slamet Samuji, menerangkan, berdasarkan asesmen BPBD setempat untuk dampak gempa di kelurahannya tidak begitu parah, alias kategori ringan.

Menurutnya, pada saat kejadian gempa, memang sebagian ada yang merasakan getaran gempa yang kuat dan ada yang rendah. Namun, ada beberapa warga yang panik dan berhamburan keluar rumah tetapi tidak ada dampak yang signifikan.

"Kami tetap mengusulkan bantuan ke BPBD Kota Pekalongan terhadap 2 warga kami yang rumahnya terdampak gempa. Mengingat, hal ini merupakan bagian dari bencana dan ada kerugian material walaupun Alhamdulillah kami bersyukur tidak ada korban jiwa baik yang luka-luka maupun meninggal dunia," ungkapnya.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Wilayah Kabupaten Batang Diguncang Gempa Magnitude 4,6

BACA JUGA:Tiga Sekolah di Batang Terdampak Gempa, Ada Perpustakaan yang Rusak Parah

Sebagaimana diberitakan, gempa bumi terjadi pada Minggu, 7 Juli 2024 pukul 14.35 WIB. Menurut BMKG, titik gempa berada di Kabupaten Batang. Gempa Magnitudo 4.6 SR, berlokasi di 6.97 LS, 109.72 BT, berada di Batang, Jawa Tengah.

Walaupun titik gempa di Batang, getaran gempa ini juga dirasakan cukup kuat di wilayah Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, dan sekitarnya. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: