Lewat Pengabdian Masyarakat, Prodi Sarjana Farmasi UMPP Kenalkan Swamedikasi Obat Herbal

Lewat Pengabdian Masyarakat, Prodi Sarjana Farmasi UMPP Kenalkan Swamedikasi Obat Herbal

Antusias- Antusias masyarakat mengikuti pengabdian masyarakat yang digelar Prodi Sarjana Farmasi UMPP.-FOTO-Dwi Fusti Hana Pertiwi

PEKALONGAN- Bentuk dari Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai tempat proses pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Dosen bersama mahasiswa Prodi Sarjana Farmasi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) gelar penyuluhan dan konsultasi kenalkan Swamedikasi Obat Herbal bagi masyarakat yang berada di RT 17 RW 16, Kelurahan Kedungwuni Timur, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan. 

Pemateri tim penelitian dan pengabdian masyarakat Dosen bersama Mahasiswa Prodi Sarjana Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan UMPP, Apt. Wirasti, S.Si., M.Sc., mengatakan menyasar masyarakat umum pengabdian masyarakat kali ini akan memberikan pengetahuan bagaimana Swamedikasi secara herbal atau menggunakan obat secara herbal.

"Mengingat banyaknya dari masyarakat saat ini yang mengidap penyakit Degenerative seperti Hipertensi hingga Asam Urat. Namun kebanyakan dari mereka masih banyak yang menggunakan obat konvensional," kata Wirasti, belum lama ini.

Sehingga menurutnya, perlu adanya wacana baru bagaimana cara memanfaatkan bahan alam. Terutama tanaman tumbuh-tumbuhan yang mudah di dapatkan disekitar pekarangan rumah ataupun memanfaatkan bahan yang ada di rumah tangga sebagai pengobatan tradisional sehingga dapat melakukan pengobatan sendiri (Swamedikasi) di rumah.

Penyuluhan kali ini, media yang digunakan berupa powerpoint dalam penyampaian materi   dengan tujuan agar peserta memahami informasi berkaitan dengan pengenalan tanaman obat, manfaat serta kegunaan tanaman obat, hingga pembuatan obat herba berdasarkan literatur yang ada. 

"Kita akan memberikan informasi bagaimana cara pengobatan ataupun pencegahan penyakit Degenerative seperti Hypertensi, Asam Urat dan Diabetes dengan memanfaatkan bahan alam yang ada disekitar," kata Wirasti.

Pihaknya menjelaskan, diantaranya tanaman yang digunakan untuk pengobatan ada Seledri, Mentimun, Daun Kepel dan masih banyak lainnya.

Pihaknya berharap lewat kegiatan tersebut mampu menambah wawasan masyarakat secara luas. Mengingat visi Prodi Sarjana Farmasi UMPP yang memiliki keunggulan keilmuan salah satunya Bahan Alam tersebut mampu memberikan sumbangsih besar kepada masyarakat untuk meningkatkan kesehatan.

" Terutama penderita penyakit Degenerative bahwa mereka bisa mengobati diri sendiri. Tentu dengan memanfaatkan bahan alam yang ada disekitar. Mengingat pengobatan konvensional  sendiri memiliki efek samping lebih berbahaya apalagi digunakan dalam jangka waktu panjang," tandasnya.

Nampak masyarakat antusias mengikuti jalanya kegiatan pengabdian masyarakat tersebut. Tidak hanya materi, knsultasi dan sesi tanya jawab, dilaksanakan pula kegiatan sosial berupa pemeriksaan gratis tensi darah, tes gula darah, tes asam urat hingga pengecekan tes kolesterol. Dan ditutup dengan pembagian mini doorprize bagi peserta aktif.(Adv/ap3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: