5 Manfaat Sarapan Bagi Tubuh, Tak Sekedar untuk Sumber Energi

5 Manfaat Sarapan Bagi Tubuh, Tak Sekedar untuk Sumber Energi

Ilustrasi wanita tengah sarapan-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Sesibuk apapun kita, jangan pernah lewatkan sarapan!. Pasalnya, manfaat sarapan bagi tubuh sangat penting. Tak sekadar untuk sumber energi bagi tubuh di pagi hari, sarapan bisa melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit hingga bisa meningkatkan mood

Anak-anak yang terbiasa sarapan sehat maka kebutuhan nutrisi harian mereka akan terpenuhi. Selain itu, berat badan yang sehat akan terjaga, mudah berkonsentrasi, serta membuat anak jarang absen di sekolah. 

Bagi orang dewasa, sarapan sehat setiap pagi lebih memungkinkannya mengonsumsi cukup vitamin dan mineral, mengontrol berat badan, dan hanya sedikit makan lemak dan kolesterol. 

Untuk itu, sesibuk apapun kita, sempatkan diri untuk selalu menyantap sarapan di pagi hari. Sebab, manfaat sarapan sangat penting bagi tubuh kita.

Baca juga:5 Menu Bekal Makan Siang Sehat Anak Sekolah, Murah Bahannya dan Gampang Cara Bikinnya!

Beberapa manfaat sarapan seperti dilansir laman Alodokter, diantaranya:

1. Membuat lebih fokus dan produktif

Sarapan pagi bisa membuat kita lebih fokus dan produktif dalam mengerjakan pekerjaan di kantor ataupun sekolah karena perut sudah diisi. Jika kita tidak sarapan pagi, daya pikir kemungkinan bisa menurun.

2. Melindungi tubuh dari penyakit

Risiko terkena penyakit diabetes dan penyakit jantung akan semakin rendah jika membiasakan diri sarapan pagi. Bahkan, hasil studi juga menyebutkan kadar kolesterol jahat (LDL) pada wanita sehat yang tidak sarapan cenderung lebih tinggi dibandingkan mereka yang sarapan. 

3. Membantu menurunkan berat badan

Jangan takut gemuk dengan rajin sarapan. Justru sebaliknya, sarapan pagi dengan menu yang sehat berdasarkan hasil penelitian ternyata dapat membantu menurunkan berat badan. 

Sarapan justru bagus dalam mendukung program diet agar bisa cepat kurus. Dengan sarapan, kita tidak akan terlalu lapar pada siang hari, sehingga keinginan untuk mengonsumsi makanan berlebihan pada saat makan siang dapat terhindarkan. 

4. Meningkatkan mood

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: