8 Manfaat Shalat Berjamaah, Tak Sekedar Raih Pahala 27 Derajat

8 Manfaat Shalat Berjamaah, Tak Sekedar Raih Pahala 27 Derajat

Ilustrasi shalat berjamaah.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Manfaat shalat berjamaah begitu luar biasa, diantaranya dapat pahala 27 derajat hingga disiapkan surga oleh Allah Ta'ala. Untuk itu, sesibuk apapun kita jangan pernah luput untuk melaksanakan shalat berjamaah.

Setiap muslim pasti tahu, shalat merupakan rukun Islam kedua yang wajib dilaksanakan oleh tiap muslim. shalat lima waktu paling utama dikerjakan secara berjamaah, bukan sendirian. Utamanya bagi seoarang pria.   

Oleh karena itu, jangan pernah tinggalkan shalat berjamaah. Meski musala atau masjid jauh dari rumah kita, tetap langkahkan kaki kita ke tempat ibadah untuk melaksanakan shalat berjamaah.

Peringatan keras disampaikan Nabi shallallahu alaihi wa sallam bagi pria yang meninggalkan shalat jamaah. Nabi ingin membakar rumah mereka. Ini sesuai dengan sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, 

”Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, ingin kiranya aku memerintahkan orang-orang untuk mengumpulkan kayu bakar, kemudian aku perintahkan mereka untuk menegakkan shalat yang telah dikumandangkan adzannya, lalu aku memerintahkan salah seorang untuk menjadi imam, lalu aku menuju orang-orang yang tidak mengikuti shalat jamaah, kemudian aku bakar rumah-rumah mereka”.

Bahkan, dalam riwayat dari Abu Hurairah, ada seorang lelaki buta datang menemui Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Laki-laki buta ini minta keringanan untuk tidak mendatangi masjid lantaran kebutaannya itu. 

"Wahai Rasulullah, saya tidak memiliki penunjuk jalan yang dapat mendampingi saya untuk mendatangi masjid", maka ia meminta keringanan kepada Rasulullah untuk tidak shalat berjamaah dan agar diperbolehkan shalat di rumahnya. 

Rasulullah memberikan keringanan kepadanya. Namun ketika laki-laki buta itu hendak beranjak pergi, Rasulullah memanggilnya lagi dan bertanya, “Apakah kamu mendengar adzan?” Ia menjawab, ”Ya”. Rasulullah bersabda, ”Penuhilah seruan adzan itu.”

Dari hadist di atas bisa dilihat penekanan untuk melaksanakan shalat berjamaah di masjid. Orang buta saja tidak dibolehkan shalat di rumah apabila dia mendengar adzan. 

Baca juga:Dzikir dan Doa Usai Shalat Fardhu Sesuai Sunah

Berikut keutamaan shalat berjamaah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Dapat Pahala 27 derajat

Shalat berjamaah ganjaran pahalanya sebanyak 27 kali lipat. Shalat sendiri hanya mendapatkan satu pahala kebaikan.

Rasulullah bersabda, "Shalat berjamaah lebih utama dua puluh tujuh derajat daripada shalat sendirian." (HR Al-Bukhari).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: