Kader Posbindu Dibekali Pengetahuan tentang PTM

Kader Posbindu Dibekali Pengetahuan tentang PTM

WORKSHOP - Dinkes Kota Pekalongan menggelar workshop untuk Kader Posbindu tentang penyakit tidak menular.-Ainul Atho-

KOTA - Dinas Kesehatan Kota Pekalongan mengadakan Workshop Kader Pelayanan Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM). Kegiatan digelar selama dua hari di Hotel Howard Johnson Kota Pekalongan.

Kegiatan ini termasuk salah satu bentuk pembinaan bagi kader Posbindu yang bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang PTM. Mulai dari faktor risiko, dampak, dan pengendalian PTM sehingga mampu melaksanakan kegiatan Posbindu PTM di Kota Pekalongan dengan baik.

Kepala Dinkes Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto mengungkapkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh perwakilan kader Posbindu se-Kota Pekalongan dengan jumlah peserta sebanyak 37 orang.

"Workshop akan dilaksanakan selama dua hari. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Dinkes  provinsi Jawa tengah dan dari organisasi profesi kesehatan," terang Budi. 

Posbindu PTM merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik.

Faktor risiko PTM meliputi merokok, konsumsi minuman beralkohol, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, hipertensi, hiperglikemi, hiperkolesterol. Selain itu, Posbindu PTM juga akan menindaklanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan dan segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan dasar.(nul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: