5 Gejala Tubuh Kekurangan Vitamin C, dari Sariawan Sampai Mudah Lelah

5 Gejala Tubuh Kekurangan Vitamin C, dari Sariawan Sampai Mudah Lelah

Gejala Tubuh Kekurangan Vitamin--Freepik.com

RADARPEKALONGANDISWAY.ID – Tidak hanya suasana hati yang bisa dibaca dari mimik wajah, gejala kekurangan vitamin C juga ternyata bisa dilihat dan dirasakan loh. Karena bagaimanapun saat asupan gizi ke tubuh tak terpenuhi, keseimbangan tubuh juga pastinya terganggu kan. 

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang harus ada di dalam tubuh. Karena nutrisi ini termasuk salah satu aspek kesehatan yang penting bagi tubuh.

Kekurangan asupan vitamin ini akan berakibat buruk pada kesehatan tubuh, Pasti akan muncul gejala tubuh kekurangan vitamin C yang dimulai dari sakit di daerah sekitar mulut. Kalau kamu merasakan beberapa gejala yang ada, segera obati agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

BACA JUGA:Luar Biasa! Buah Apel yang Mengandung Vitamin C Ini Bisa Bikin Awet Muda 10 Tahun dari Usia Aslinya

BACA JUGA:Perlindungan Seharian dari Sinar UV, Manfaat Vitamin C Buah Apel Segar Efektif Cegah Kulit Kusam Berminyak

Karena beberapa gejala kekurangan vitamin C tidak bisa dianggap enteng. Inilah gejala tubuh kekurangan vitamin C yang perlu kamu tahu.

1. Sakit Sariawan

Gejala tubuh kekurangan vitamin C yang dapat dikenali antara lain sakit sariawan. Biasanya sakit ini muncul ketika tubuh mengalami kekurangan vitamin ini.

Munculnya sariawan ini salah satu penyebabnya adalah nutrisi vitamin C yang kurang dari asupan sehar-hari. Penyakit seperti benjol kemerahan ini harus diobati dengan memperbanyak asupan vitamin C agar cepat sembuh.

Walau penyebab lain seperti perubahan hormon, infeksi, virus, dan bakteri lainnya di dalam mulut. Tapi faktor kekurangan nutrisi vitamin C jadi faktor utamanya.

Perbanyak juga minum air putih akan sangat membantu penyakit ini untuk segara sembuh. Jangan lupa oleskan juga larutan hidroksida agar gejala tubuh kekurangan vitamin C dapat segera hilang.

2. Kulit Kering dan Kasar

Salah satu yang dapat dikenali dari gejala tubuh kekurangan vitamin C adalah kulit yang kering dan kasar. Penyebab kulit kasar dan kering salah satunya karena kurangnya nutrisi pada jaringan kulit.

Kalau sampai kamu mengalaminya, segeralah ambil solusinya. Caranta cukup dengan memanfaatkan vitamin C dari berbagai makanan. Makanan seperti kiwi, paprika, jeruk dan sebagainyan bisa membantu.

Sebaiknya seringlah mengonsumsi buah-buahan yang telah mengandung nutrisi untuk kulitmu. Selain istirahat yang cukup semalam.

3. Depresi Mood yang Buruk

Percaya atau tidak kalau gejala tubuh kekurangan vitamin C bisa membuat depresi dan bed mood. Inilah kenapa harus menyiapkan asupan vitamin C ini.

Maka ketika kamu sedang dalam keadaan mood yang tidak bagus, bisa saja karena kekurangan nutrisi yang penting ini. Selain tidur yang cukup akan membantu suasana tubuh lebih seimbang agar tidak terjadi depresin lagi.

4. Gusi Bengkak dan Berdarah

Salah satu gejala tubuh kekurangan vitamin C bisa dilihat dari adanya gusi bengkak sekaligus berdarah. Gusi yang bengkak ini bisa saja disebabkan oleh adanya infeksi pada bagian gusi. Tapi kebanyakan kekurangan nutrisi yang penting ini jadi penyebab utamanya.

Jadi kalau kamu ingin sembuah dari sakit gusi bengkak dan berdarah bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Bila perlu minum sehari dua kali suplemen vitamin C yang ada pada tubuh.

Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan gusi. Karena mau bagaimana pun gusi yang bengkak ini akan tidak nyaman dirasakan. Apalagi ketika mau makan. Sikat gigi secara teratur juga penting dilakukan untuk mengatasi infeksi.

5. Tubuh Mudah lelah

Selain gusi yang bengkak, ternyata tubuh yang mudah lelah termasuk gejala tubuh kekurangan vitamin C. Bisa saja tubuh yang mudah lelah itu karena keku7rangan nutrisi asupan tubuh.

Kamu bisa memperbanyak makan jeruk, tomat, brokoli bahkan strawberry agar produksi vitamin C jadi tercukupi. Sehingga energi yang dihasilkan pun lebih bertenaga.

6. Mudah Terserang Penyakit

Gejala tubuh kekurangan vitamin C yang mudah dikenali adalah mudahnya terserang penyakit. Sistem kekebalan tubuh yang rendah ini karena menurunnya vitamin C ini.

Seperti kita ketahui bersama, vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan tubuh. Artinya bisa meningkatkan sistem imujn tubuh dari segala bakteri yang menimbulkan penytakit.

Itulah beberapa gejala tubuh kekurangan vitamin C. Sebaiknya konsumsi suplemen vitamin C untuk menjaga tubuhmu tetap kuat, terutama di tengah cuaca panas seperti sekarang ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: halodoc