Demi Percepatan Pembangunan, Aster Kasad Minta Semua Sengkuyung Sukseskan TMMD ke-118

 Demi Percepatan Pembangunan, Aster Kasad Minta Semua Sengkuyung Sukseskan TMMD ke-118

RAKORNIS - Sekda Kendal Sugiono mewakili Bupati Kendal mengikuti Rakornis TMMD ke-118 via Zoom yang digelar Aster Kasad, Selasa (12/9/2023).-red/sef-

KENDAL - Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 tahun 2023 akan dilaksanakan secara serentak di 50 kabupaten/kota di Indonesia pada 20 September sampai 19 Oktober 2023. Karena itu, Asisten Terotorial (Aster) Kasad Mayor Jenderal TNI H Achmad Daniel Chardin meminta semua pihak untuk sengkuyung berang menyukseskan program ini demi percepatan pembangunan di berbagai daerah.

Hal itu disampaikan saat Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TMMD ke-118 yang diselenggarakan Aster Kasad via Zoom, Selasa (12/9/2023). Rakornik ini juga diikuti Pemkab Kendal di Gedung Abdi Praja Kendal.

Rakornis di Kabupaten Kendal ini dihadiri Komandan Korem 073/Makutarama, Kolonel Inf. Purnomosidi berserta jajaran, Dandim Kendal Letkol Inf Mishael Marthen Jenry Polii beserta jajaran, Sekda Kendal, Sugiono yang mewakili Bupati Kendal Dico M Ganinduto, serta diikuti oleh Forkopimda Kabupaten Kendal.

Mayor Jenderal TNI H Achmad Daniel Chardin menekankan skema program TMMD sebagai kegiatan lintas sektoral dengan Kementerian, lembaga pemerintah non kementerian, Pemerintah Daerah, dan komponen masyarakat yang dilaksanakan secara gotong royong dan bukan domain dari TNI saja. Karena itu, pihaknya mengajak semua stakeholder terkait untuk menyatukan tekad dan bersatu padu dalam mensukseskan pelaksanaan TMMD.

"Mari kita bersatu sukseskan TMMD ke-118 demi tercapainya percepatan pembangunan di daerah, dan mendukung aspek pertahanan di darat tahun 2023, yang mana masih mengangkat tema Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI Rakyat Semakin Kuat," ungkapnya.

Aster Kasad pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap bupati dan wali kota beserta jajarannya yang telah berkomitmen untuk mengalokasikan APBD dalam rangka mendukung program TMMD ke-118 Tahun Anggaran 2023. Rakornis sendiri sebagai upaya persiapan sebelum pelaksanaan TMMD ke-118 yang akan resmi dibuka pada 20 September 2023 mendatang.

"Kegiatan Rakornis ini juga bertujuan untuk menyamakan persepsi terkait penyelenggaraan TMMD, dan sebagai sarana untuk berkoordinasi secara langsung dengan Staf Penanggung Jawab Operasional TMMD, kementerian, ataupun lembaga pemerintah non kementerian, serta pejabat daerah dengan harapan pelaksanaannya bisa berjalan baik dan lancar," jelas Mayjen Achmad Daniel Chardin.

Dijelaskan, TMMD ke-118 ini akan dilaksanakan serentak di 50 kabupaten/kota dengan sistem perencanaan yang diawali dari bottom-up planning dengan sasaran fisik dan non fisik. "Harapannya, sasaran yang terpilih merupakan aspirasi dan dapat menyentuh pemenuhan kebutuhan masyarakat di lokasi TMMD," ujarnya.

Adapun output dalam kegiatan TMMD ini adalah percepatan pembangunan dalam membantu pemerintah daerah dalam memenuhi kesejahteraan rakyat. Maka, Mayjend TNI Achmad Daniel Chardin meminta dari seluruh Kodim untuk bisa dilaksanakan sebaik-baiknya terkait dengan sasaran fisik, terlebih sasaran non fisiknya seperti wawasan kebangsaan, bela negara, dan penyuluhan lainnya.

Sementara Dandim Kendal, Letkol Inf Mishael Marthen Jenry Polii usai Rakornis mengatakan, untuk pelaksanaan TMMD ke-118 tahun di Kabupaten Kendal akan dipusatkan di Desa Purwogondo Kecamatan Boja. Adapun yang menjadi sasaran fisiknya yakni pembangunan jalan beton sepanjang 1.200 meter, rehab 9 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), 2 poskamling, dan talud sepanjang 200 meter.

"Sedangkan, untuk sasaran non fisiknya akan dilakukan penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan pertanian, penyuluhan stunting, penyuluhan terkait bahaya penyalahgunaan narkoba, dan penyuluhan pengolahan sampah, serta penyuluhan lainnya sesuai kebutuhan masyarakat," terang Dandim Kendal. (red/sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: