13 Cara Merawat Tanaman agar Sehat dan Tumbuh Subur, Dijamin Anti Gagal

13 Cara Merawat Tanaman agar Sehat dan Tumbuh Subur, Dijamin Anti Gagal

13 Cara Merawat Tanaman agar Sehat dan Tumbuh Subur, Dijamin Anti Gagal--Freepik

Apabila kalian melihat ada bagian tanaman yang kering atau mati, segera potong dan buang bagian yang rusak tersebut. Hal ini dikarenakan, bagian tanaman yang rusak tersebut dapat menyebarkan kerusakan ke bagian lainnya yang masih bagus dan sehat.

9. Pemupukan

Pemupukan diperlukan untuk dapat memenuhi kebutuhan unsur hara tanaman agar tanaman dapat tumbuh subur dan sehat. Jadi, pastikan kalian rutin memupuk tanaman kalian sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Baca Juga: Tidak Hanya Lidah Buaya, Inilah 9 Tanaman Hias yang Mampu Membantu Pertumbuhan Rambut

10. Memberikan Nutrisi untuk Tanaman

Selain pupuk, kalian juga harus memberikan nutrisi untuk tanaman agar tanaman kalian dapat tumbuh dengan optimal. Nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman antara lain, potasium, kalsium, magnesium dan sulfur.

Nutrisi-nutrisi tersebut sebenarnya sudah ada di dalam tanah, namun tentunya akan menghilang siring berjalannya waktu karena sudah diserap oleh tanaman. Jadi, kalian harus tetap memberikan nutrisi tersebut ke tanaman kalian secara berkala.

11. Rutin Mengganti Pot

Tanaman yang dirawat dengan baik tentunya akan semakin tumbuh besar, sehingga kalian harus mengganti potnya agar sesuai dengan ukuran tanaman.

Hal tersebut dilakukan agar tanaman memiliki ruang yang cukup untuk dapat tumbuh dan berkembang kembali secara optimal.

12. Pemangkasan Rumput

Usahakan untuk rutin membersihkan rumput liar yang tumbuh di sekitar tanamanmu karen rumput liar diketahui dapat membuat tanaman kalian terserang hama atau penyakit.

Baca Juga: 7 Cara Merawat Adenium yang Baik dan Benar Agar Dapat Berbunga dengan Lebat

13. Menjaga Kebersihan Di Sekitar Tanaman

Cara merawat tanaman agar sehat dan tumbuh subur yang terakhir yaitu dengan menjaga kebersihan di sekitar tanaman atau pot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: