Tingkatkan Literasi, Gelar Workshop Menulis untuk Guru dan Siswa

Tingkatkan Literasi, Gelar Workshop Menulis untuk Guru dan Siswa

BERFOTO - Para peserta workshop berfoto bersama usai kegiatan.-Malekha-

*SMPN 1 Sragi 

SRAGI - Jumat, 15 September ini merupakan hari terakhir rangkaian kegiatan Workshop Sekolah Penggerak yang diselenggarakan  SMPN 1 Sragi selama lima hari berturut- turut. Kegiatan Workshop ini dimulai sejak Senin, 11 September lalu.Berbagai materi pelatihan yang cukup esensial dilatihkan selama lima hari tersebut dengan narasumber yang berbeda-beda, baik narasumber dari dalam yang tergabung dalam komite pembelajaran maupun narasumber dari luar.

Adapun materi pelatihan adalah seputar implementasi kurikulum merdeka. Beberapa di antaranya adalah tentang pembelajaran berdeferinsiasi, penyusunan modul ajar dan asesmen, metode dan teknik pembelajaran, komunitas belajar, media berbasis digital, dan puncaknya adalah pelatihan menulis sastra bagi guru dan siswa.

Ada yang menarik dari pelatihan menulis yang diselenggarakan salah satu sekolah penggerak di Kabupaten Pekalongan ini. Pelatihan menulis sastra berupa menulis cerpen dan puisi ini menghadirkan guru sekaligus cerpenis Dewanto Amin Sadono dan Zulmasri sebagai penulis puisi yang puluhan karyanya sudah banyak diterbitkan.

Meskipun terdiri atas berbagai bidang ilmu, para guru tampak antusias bertanya dan berdiskusi pada sesi ruang kolaborasi dalam pelatihan tersebut. Yang lebih menarik, ada rencana tindak lanjut yang cukup menantang dalam pelatihan itu, yaitu akan diterbitkannya buku antologi cerpen hasil karya seluruh guru.

Dalam kesempatan terpisah, Margiati SPd MPd selaku Kepala SMPN 1 Sragi menyampaikan kegembiraan dan rasa syukurnya karena pelatihan selama lima hari berturut-turut berjalan lancar dan efektif. Lebih khusus, dia merasa optimistis pelatihan-pelatihan ini akan berkorelasi positif terhadap peningkatan kualitas serta kompetensi para guru.

"Khusus pelatihan menulis untuk guru dan siswa ini sengaja kami adakan untuk memotivasi dan meningkatkan kemampuan berliterasi bagi warga sekolah khususnya guru dan murid," ungkap Margi, sapaan akrabnya.

Ia berharap, para guru tidak mudah puas dengan pencapaian, tapi harus terus mengasah kompetensi diri agar lebih profesional dan optimal. Guru yang berkualitas  menjadi penentu pembelajaran berkualitas. Pembelajaran berkualitas akan menghasilkan output berupa peserta didik berkualitas pula. (mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: