Cocok Dipelihara di Rumah, Mengenal Burung Budgerigar dan Cara Merawatnya

Cocok Dipelihara di Rumah, Mengenal Burung Budgerigar dan Cara Merawatnya

burung budgerian-uschi du-pixabay

RADARPEKALONGANDISWAY.ID - Burung Budgerigar, atau yang biasa disebut sebagai "budgie," merupakan salah satu jenis burung yang populer sebagai hewan peliharaan. Nah, bagi kalian yang ingin memeliharanya, ada baiknya mengenal burung budgerigar dan cara perawatannya.

Budgie memang terbilang cocok untuk dipelihara di rumah. Bagaimana tidak, burung jenis ini memiliki beberapa kelebihan yang membuat mereka menjadi pilihan yang tepat bagi pemilik burung pemula.

Nah, sebelum memutuskan untuk memeliharanya, alangkah lebih baik untuk mengenal burung budgerigar yang bertubuh kecil nan menggemaskan ini. Yuk kita simak pembahasan mengenai burung budgerigar ini mulai dari kelebihan hingga cara merawatnya, biar kamu tahu banyak mengenai burung ini sebelum memliharanya.

Mengenal Burung Budgerigar dan Kelebihannya 

1. Kepribadian yang Ceria

Sebelum memutuskan memeliharanya, kalian mesti mengenal burung budgerigar yang ceria. Ya, burung budgie dikenal karena memiliki kepribadian yang ceria dan sosial. Burung ini juga cenderung ramah dan bisa dengan cepat membentuk ikatan dengan pemiliknya. Wah, makin ngga sabar buat mmelihara burung ini ya?!

2. Ukuran yang Ideal

Budgie merupakan burung berukuran kecil, yang membuat mereka cocok untuk dipelihara di tempat yang tidak terlalu luas seperti apartemen atau bahkan ruang yang lebih kecil.

Inilah manfaat kamu mengenal burung budgerigar yang diketahui berperawakan mungil. Dengan ukuran tubuh yang kecil juga membuatnya sangat mudah untuk diurus dan dipegang.

BACA JUGA:Bisa Berakibat Fatal, Inilah 7 Kesalahan Ketika Merawat Kucing, Pemula Harus Paham!

BACA JUGA:Baru Pertama Pelihara Kucing, Yuk Kenali Ciri-Ciri Kucing yang Sedang Sakit, Penting untuk Dikenali!

3. Kicauan yang Menarik

Burung yang satu ini memiliki kicauan yang merdu dan bervariasi. Mereka bisa mengeluarkan berbagai suara, dan beberapa budgie bahkan bisa diajari untuk berbicara. Duh siapa yang nggak gemes ya.

4. Meiliki Kecerdasan yang Tinggi

Meskipun berukuran kecil, budgie juga termasuk jenis burung yang cerdas. Mereka dapat diajari berbagai trik dan perintah sederhana. Jadi kamu juga bisa melatihnya untuk melakukan berbagai trik sederhana dan beberapa perintah. Kamu harus rajin-rajin mengajaknya bermain sambil berlatih untuk mengasah kemampuannya, jika ingin burung budgie milikmu menjadi pintar.

Itulah beberapa kelebihan burung yang menggemaskan satu ini. Gimana Kamu pasti sudah mulai jatuh cinta dan ingin segera memliharanya kan? Eitss, tapi tunggu dulu, yuk kita simak cara perawatannya seperti apa.

Cara Merawat Burung Budgerigar

Setelah kamu cukup mengenal burung budgerigar, kini saatnya tahu lebih banyak tentang cara merawat si budgie. Berikut beberapa tipsnya;

1. Berikan Kandang yang Sesuai

Burung budgie membutuhkan kandang yang cukup besar untuk bergerak bebas. Jadi, pastikan kandangnya memiliki barisan horizontal agar mereka bisa memanjat, serta kamu juga perlu menyediakan permainan dan mainan untuk menghibur sekaligus melatihnya juga.

BACA JUGA:Ingin Kucingmu Sehat, Inilah 6 Nutrisi yang Harus Ada Dalam Makanan Kucing, Dijamin Kucing Kebal Penyakit!

BACA JUGA:Baru Pertama Pelihara Kucing, Yuk Kenali Ciri-Ciri Kucing yang Sedang Sakit, Penting untuk Dikenali!

2. Makanan yang Seimbang

Jangan lupa untuk memberikan makanan burung budgerigar yang seimbang, seperti biji-bijian, bisa juga untuk menambahkan berbagai sayur segar, dan buah-buahan. Atau pakan plet yang sudah mngandung kombinasi sereal, biji-bijian, sayur, buah, serta tambahan vitamin dan mineral serta asam amino esensial.

Ada beberapa makanan yang harus dihindari oleh burung budgie, yaitu alpukat, cokelat, alcohol, kafein, dan juga buncis. Untuk penggantian pakan burung budgies ini juga harus dilakukan secara bertahap, hal ini dikarenakan burung budgies dapat mengenali jenis makanannya. Dan ketika pakannya diganti secara tiba-tiba, budgies memilih untuk tidak memakannya. Untuk penggantian pakan yang benar kamu bisa mengkonsultasikannya ke dokter hewan.

3. Sediakan Air Bersih

Pastikan untuk selalu menyediakan air bersih yang untuk budgie di kandangnya. Gantilah air setiap hari untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya.

4. Sosialisasi dan Latihan

Burung budgie merupakan burung sosial, jadi pastikan untuk menghabiskan waktu bersama mereka. Kamu juga bisa berbicara dengan mereka, bermain dengan mereka, atau bahkan melatih mereka untuk melakukan berabagai trik-trik sederhana.

BACA JUGA:Buktikan Sendiri, Inilah Cara Menghilangkan Bau Kencing Kucing yang Menyengat, Pasti Ampuh!

BACA JUGA:Peduli Keseimbangan Ekosistem Laut, Pertamina Patra Niaga JBT Lakukan Pelepasliaran Penyu Lekang di Cilacap

Budgie ini juga merupakan hewan yang senang bermain, jadi pastikan kamu menyediakan banyak mainan untuk mencegah burung dari stres. Pemilihan mainan yang cocok untuk burung budguie adalah mainan yang terbuat dari bahan-bahan yang sulit untuk digigit atau ditelan oleh burung.

5. Perawatan

Budgie akan membersihkan bulunya sendiri, tetapi kamu juga dapat membantu mereka dengan memberikan tempat mandi berisi air bersih yang dangkal di dalam kandang mereka. Pastikan juga untuk mletakkan kandang burung budgies ini yang terkena sinar matahari langsung, karena burung membutuhkan vitamin D yang cukup untuk kesehatan kulitnya.

Kamu bisa mmandikan burung budgies ini setiap hari atau 2 kali seminggu juga sudah cukup untuk mngoptimalkan kesehatan bulunya. Jangan lupa untuk memotong kukunya untuk mencegah kuku tajamnya meeluki pemilik saat diajak berinteraksi. Kamu bisa melakukan pemotongan kuku sebulan sekali.

6. Ketentuan Kesehatan

Perhatikan tanda-tanda penyakit seperti perubahan perilaku, bulu yang tidak rapi, atau penurunan nafsu makan. Bila kamu mencurigai ada masalah kesehatan, segera konsultasikan dengan dokter hewan.

7. Kandang yang Aman

Pastikan kandang budgie aman dan bebas dari bahaya. Hindari barang-barang tajam, listrik terbuka, atau zat beracun yang dapat dijangkau oleh burung. Jauhkan juga kandang budgies dari hewan lain seperti anjing dan kucing di dalam rumah. Karena budgie merupakan burung kecil sehingga dianggap sebagai mangsa oleh anjing atau kucing.

Burung budgies juga tidak cocok untuk anak kecil, karna budgies akan stress karena gerakan anak kecil yang tiba-tiba atau cepat. Namun jika anak-anak terlatih dan tahu cara menghandle burung ini, maka budgies juga akan menjadi teman bermain yang baik.

8. Interaksi yang Baik

Jangan paksakan burung budgie untuk berinteraksi jika mereka tidak nyaman. Biarkan mereka mendekatimu secara sukarela.

Sebab ketidaknyamanan bagi burung juga bisa berdampak kurang baik. Jadi jangan sok akrab juga ya, timbang dicuekin sama si budgie.

Itulah beberapa ulasan soal mengenal burung budgerigar dan cara yang bisa kamu lakukan dan hindari jika kamu ingin merawat burung budgerigar atau budgies ini. Dengan merawat budgie dengan baik dan memberikan perhatian yang cukup, kamu bisa memiliki burung yang sehat, bahagia, dan menyenangkan sebagai hewan peliharaan.

Ingatlah bahwa setiap burung memiliki kepribadian yang berbeda, jadi berikan mereka waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan baru dan pemiliknya. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang masih pemula dan berminat untuk mrawat burung jenis budgria satu ini. (PEH)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: