Kamu Mahasiswa dan Butuh Modal untuk Kembangkan Usaha? Tenang, Mahasiswa Juga Bisa Ajukan KUR

Kamu Mahasiswa dan Butuh Modal untuk Kembangkan Usaha? Tenang, Mahasiswa Juga Bisa Ajukan KUR

Mahasiswa butuh tambahan modal untuk kembangkan usaha bisa ajukan KUR.-istimewa/screenshot -bri

RADARPEKALONGAN - Kamu mahasiswa dan butuh modal untuk kembangkan usaha? Tenang, mahasiswa juga bisa Ajukan KUR.

Bagi kalian para mahasiswa yang ingin membuka atau kembangkan usaha, namun terkendala permodalan, janganlah merasa cemas. Kalian bisa mengajukan pinjaman melalui Kredit Usaha Rakyat atau KUR untuk ke Bank.

Ada banyak varian KUR yang dapat disesuaikan dengan skala usahamu, sehingga bisa menjadi jalan menuju impianmu dalam menjadi enterpreneur ataupun mengembangkan usaha.

Menariknya lagi, suku bunga yang diberikan juga rendah, dan syarat yang relatif mudah untuk dipenuhi, bahkan bagi mahasiswa. Sehingga KUR sangat cocok untuk mendapatkan tambahan modal guna mengembangkan usaha.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, memberikan dukungan penuh kepada mahasiswa yang ingin memanfaatkan fasilitas ini agar usaha yang dirintis bisa tumbuh.

Seperti dilansir dari Portal Informasi Indonesia, Airlangga Hartarto menyatakan bahwa Pemerintah memiliki niat kuat untuk mendorong minat mahasiswa dalam berwirausaha. Salah satunya dengan memberikan akses pembiayaan yang terjangkau dan mudah bagi mereka yang memiliki usaha.

"Bagi ahasiswa yang aktif berusaha dapat memanfaatkan kredit atau pembiayaan melalui KUR sesuai dengan kebutuhannya," kata Airlangga Hartarto dalam siaran persnya, seperti dikutip, Selasa 19 September 2023.

Dengan demikian, peluang untuk menjadi seorang entrepreneur muda semakin terbuka lebar.

Untuk KUR sendiri tersedia dalam beberapa jenis yang bisa dipilih sesuai dengan jenis usaha yang dirintis. Termasuk untuk mahasiswa yang tengah merintis usaha, tentunya tidak memerlukan modal yang terlalu besar.

Seperti KUR Super Mikro yang memberikan pinjaman modal di bawah Rp 10 juta. Jumlah tersebut tentunya sangat pas untuk memenuhi kebutuhan permodalan usaha kecil-kecilan yang tengah dirintis.

Namun jika butuh modal lebih besar lagi, tersedia KUR Mikro untuk pembiayaan Rp 10 juta hingga Rp 100 juta. Selain itu juga ada KUR Kecil untuk kebutuhan modal Rp100 juta hingga Rp 500 juta.

Cara Pengajuan KUR Mahasiswa

Sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman, kamu harus menghitung dulu dengan baik besaran modal yang diperlukan untuk memulai usaha.

Jika sudah dipastikan kebutuhan tambahan modal jumlahnya kurang dari atau maksimal Rp10 juta, maka kamu bisa mengajukan KUR Super Mikro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: