Sering Gugup di Depan Umum? Inilah Cara Ampuh untuk Mengatasi Rasa Gugup Saat Berbicara di Depan Umum

Sering Gugup di Depan Umum? Inilah Cara Ampuh untuk Mengatasi Rasa Gugup Saat Berbicara di Depan Umum

Ilustrasi gugup ketika berbicara di depan umum-sumber foto : freepik.com-

Ketenangan dalam menyampaikan materi juga menjadi kunci utama agar tidak gugup saat berbicara di depan umum. Berbicaralah dengan tenang dan tidak tergesa-tega namun tidak lambat juga.

Jernihkah hati dan pikiran ketika berbicara di depan umum agar bisa tenang. Selain itu, perpikir positif juga bisa memberikan ketenangan dalam menyampaian materi di depan umum.

5. Jaga Kontak Mata dengan Audience

Kontak mata dengan audience terkadang memberikan tekanan pada diri sendiri. Namun ketika bisa menjaga kontak mata dengan audience maka rasa percaya diri itu akan muncul. Kontak mata dengan audience juga menjadi tantangan besar bagi seseorang yang akan berbicara di depan umum. Namun ini juga sangat diperlukan untuk menarik audience agar tetap memperhatikan. 

6.Sesekali Sisipkan Humor

Saat berbicara di depan umum usahakan tidak terlalu kaku dan terlalu fokus pada point-point yang akan disampaikan. Terlalu kaku di depan umum akan menyebabkan audience bosan.

Sesekali sisipkan humor agar tidka tegang dan kaku. Tentunya humor tersebut tidak mengandung sara atau hal negatif ya. Semakin lucu maka audience semakin tertarik untuk mendengarkan.

BACA JUGA:Menghindari Kesalahan dalam Parenting: 7 Contoh Perilaku yang Perlu Dijauhi sebagai Orangtua

Itulah beberapa cara ampuh untuk mengatasi gugup saat berbicara di depan umum. Dengan berlatih dan mengevaluasi diri setiap tampil di depan umum, maka akan semakin dekat untuk mendapatkan rasa percaya diri. Selamat mencoba!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: