Sering Gugup di Depan Umum? Inilah Cara Ampuh untuk Mengatasi Rasa Gugup Saat Berbicara di Depan Umum

Sering Gugup di Depan Umum? Inilah Cara Ampuh untuk Mengatasi Rasa Gugup Saat Berbicara di Depan Umum

Ilustrasi gugup ketika berbicara di depan umum-sumber foto : freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Berbicara di depan umum memang menjadi momok yang menakutkan dan tidak bisa dihindari. Seperti presentasi di depan kelas atau di depan atasan, berpidato di depan umum, atau bahkan yang sedang menjadi MC di suatu acara.

Salah satu skill yang harud dimiliki ketika berbicara di depan umum yaitu public speaking. Public speaking adalah keahlian yang membuat percaya diri dan menyampaikan informasi dengan jelas di depan umum. 

Keahlian atau skill ini meliputi kemampuan dalam menyampaikan, atikulasi yang jelas, gaya komunikasi yang menarik audience, adaptasi diri dalam situasi dan kemampuan dalam mengatasi berbagai pertanyaan. 

Seringkali seseorang akan merasa gugup dan berkeringat dingin jika diberi kesempatan untuk berbicara di depan umum. Oleh sebab itu, tanpa sadar ketika berbicara akan berbata-bata dan kurang jelas. Sayang sekali jika hal tersebut terjadi berulang kali. Kesempatan emas yang tidak bisa didapatkan oleh setiap orang akan terbuang begitu saja. 

BACA JUGA:Hindari 3 Sikap Mendengarkan Ini, Sebab Kamu Memiliki Komunikasi yang Buruk

Sebenarnya rasa gugup adalah hal yang wajar dialami oleh seseorang yang akan berbicara di depan umum. Namun jangan sampai rasa gugup tersebut justri jadi boomerang dan merusak apa yang sudah dipersiapkan.Oleh karena itu, perlu persipan yang matang agar tidak gugup ketika berbicara di depan umum. Berikut beberapa cara yang ampuh untuk mengatasi rasa gugup saat berbicara di depan umum, diantaranya :

1. Pahami Materi

Salah satu kunci keberhasilan ketika berbicara di depan umum dan disaksikan oleh banyak orang yaitu dengan memahami dan menguasai materi, namun bukan dihafal.  Caranya bisa dengan mengakaitkan point yang akan disampaikan dengan fenomena yang sedang terjadi. cara penyampaiannya pun disesuaikan dengan semenarik mungkin agar audience bisa tetap mendengarkan.

2. Berlatih Berbicara di Depan Cermin

Sebelum berbicara di depan umum, agar tidak gugup ada baiknya untuk melatih diri dengan berbicara di depan cermin.Cara ini merupakan yang paling ampu, karena bisa memberikan evaluasi sendiri terlebih dahulu. Catat pada catatan kecil point-point apa saja akan disampaikan ,kemudiakan kembangkan point-point tersebut dengan kondisis atau fenomena saat ini. 

3. Memberikan Jeda Saat Menyampaikan Materi

Dalam menyampaikan materi, berilah jeda agar audience bisa memahami materi dengan baik. Sampaikan point demi point dan jangan terburu-buru. Selain itu, di tengah-tengah penyampaian materi sesekali berinteraksilah dengan audience. Salah satunya dengan mengajukan pertanyaan kepada audience.

BACA JUGA:Mengenal Trust Issue dalam Hubungan: Apakah Bentuk Efek Trauma Masa Lalu?

4. Berbicara dengan Tenang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: