Stop Insecure! Inilah 6 Tindakan yang Bisa Mengatasi Insecure, Dijamin Harimu Tanpa Beban

Stop Insecure! Inilah 6 Tindakan yang Bisa Mengatasi Insecure, Dijamin Harimu Tanpa Beban

Ilustrasi yang menggambarkan seseorang sedang mengalami insecure-sumber foto : freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Insecure umum dialami oleh manusia, namun ini bisa di cegah melalui beberapa tindakan dari diri sendiri. Artikel inilah yang akan membahas tindakan ang bisa mengatasi Insecure.

Taukah kamu apa itu insecure? Insecure adalah suatu perasaan yang menyebabkan seseorang gelisah, takut, malu,dan tidak percaya diri terhadap suatu hal pada diri sendiri. Perasaan ini biasanya akan membandingkan keadaan diri sendiri dengan orang lain.

Seringkali perasaan ini membuat tidak percaya diri, dan memandang orang lain lebih baik dan berharga daripada diri sendiri.Perasaan ini muncul dari faktor dalam maupun luar sebagai pemicunya.

Insecure memang normal dialami oleh setiap orang di kehidupanya masing-masing. Namun disamping itu, jika mengalami insecure yang berlebihan justru akan mengganggu . Pasalnya hal ini akan berlarut-larut untuk terus membandingkan diri sendiri dan orang, dimana ini justru akan menghambat postensi diri dan tidak dipercaya orang lain lagi.

BACA JUGA:Hindari 3 Sikap Mendengarkan Ini, Sebab Kamu Memiliki Komunikasi yang Buruk

Perasaan insecure ini akan berbahaya jika berlebihan. Pasalnya perasaan inilah yang memicu munculnya berbagai masalah kesehatan mental, diantaranya depresi, kecemasan, dan gangguan pola makan. 

Oleh karena itu perlu tindakan yang bisa mengatasi insecure dengan tepat dan ampuh. Namun tindakan ini tidak bisa dilakukan hanya sekali saja,namun penuh konsisten. Berikut beberapa tindakan yang bisa mengatasi insecure:

1. Berpikir Positif

Berpikir positif memang gampang-gampang susah, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Menyikapi sesuatu dengan positif akan memberikan ketenangan jiwa sehingga bisa menjalani kehidupan tanpa kegelisahan dan tanpa ribet.

Selalu ambil sisi positif dari suatu hal, meskipun itu hal yang membuat diri kecewa. Misalnya, ketika sudah tes dan wawancara pekerjaan, namun hasilnya menyatakan bahwa tidak lolos. 

Maka ambillah sisi positifnya, yakni mungkin ini bukan pekerjaan yang sesuai dengan diri Anda atau bisa juga memaknai hal tersebut bahwasanya akan mendapatkan pekerjaan yang lebih bagus dan menjanjikan.

2. Tidak Menyalahkan Diri Sendiri

Tidak semua hal itu harus perfect, dan tanpa kesalahan. Justru dengan membuat kesalahan akan lebih paham dan bisa memperbaiki agar lebih baik lagi. Selalu ingat bahwa manusia tempatnya salah, semua orang pasti melakukan kesalahan.

Namun demikian, yang membedakan yaitu apakah bisa orang tersebut memperbaiki dan bangkit lagi setelah melakukan kesalahan tersebut. Jika bisa bangkit dan memperbaiki semua atas kesalahan yang dilakukan, maka pastinya akan mendapatkan hal yang jauh lebih besar dan baik lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: