Stop Insecure! Inilah 6 Tindakan yang Bisa Mengatasi Insecure, Dijamin Harimu Tanpa Beban

Stop Insecure! Inilah 6 Tindakan yang Bisa Mengatasi Insecure, Dijamin Harimu Tanpa Beban

Ilustrasi yang menggambarkan seseorang sedang mengalami insecure-sumber foto : freepik.com-

Fokus pada keahlian atau kemampuan diri untuk menjalani kehidupan sekarang, daripada hanya berpikir tentang apa yang sudah menjadi masa lalu atau mengira-ngira masa depan dengan kesalahan yang pernah dibuat.

Menyalahkan diri sendiri tidak akan ada habisnya, rasa bersalah dan takut justru akan menghambat masa depan. Melawan pikiran dan perasaan tersebut memang bukan hal yang mudah, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan.

Membiarkan rasa bersalah terus tumbuh pada diri justru akan membuat hidup tidak tenang dan terus mengalami kecemasan. Lambat laun bukan hal yang tak mungkin, akan mengalami masalah kesehatan mental yakni depresi dan gangguan kecemasan.

BACA JUGA:Mengenal Trust Issue dalam Hubungan: Apakah Bentuk Efek Trauma Masa Lalu?

3. Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Setiap orang terlahir dengan kemampuan, kehebatan dan keunikan masing-masing. Tidak ada seoangpun yang tidak memiliki keahlian. Perbedaanya, apakah bisa dan mampu orang tersebut mengasah keahlianya.

Maka dari itu, jangan sekali-kali mebandingkan diri dengan orang lain. Hal ini justru akna membuat diri semakin tertekan dan tidak leluasa dalam menjalankan kehidupan. 

Hiraukan perkataan orang lain, tetangga atau teman yang membanding-bandingkan diri Anda dengan orang lain. Tanpa sadar justru Anda yang tidak percaya pada diri sendiri dengan mempercayai omongan orang lain.

4. Percaya Pada Potensi Diri

Setiap orang dilahirkan dengan keistimewaanya masing-masing, yang tidak dimiliki oleh orang lain. Percayalah pada kemampuan diri dan jangan menganggap remeh diri. 

Ketika diri Anda tidak bisa melakukan suatu hal, bukan berarti tidak bisa melakukan hal yang lain. Setiap orang akan memiliki kelemahan dan kelebihan. Tunjukan kelebihan diri tanpa membandingkan dengan orang lain, dan jangan memfokuskan diri pada kekurangan.

5. Memaafkan dan Berdamai dengan Diri Sendiri

Memaafkan dan berdamai dengan diri sendiri adalah level tertinggi untuk mendapatkan ketenangan dalam kehidupan. Ini berarti bisa berdamai dengan masa lalu dan bisa melanjutkan hidup untuk masa depan yang lebih baik.

Ketika sudah memaafkan diri sendiri, langkah demi langkah yang diambil akan lebih yakin dan menumbuhkan kepercayaan diri. Inilah langkah awal untuk bisa mengatasi insecure pada diri.

BACA JUGA:Menghindari Kesalahan dalam Parenting: 7 Contoh Perilaku yang Perlu Dijauhi sebagai Orangtua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: