Telkomsel Hadirkan Layanan Inklusif Ramah Disabilitas bagi Teman Tuli di 19 Titik GraPARI di Indonesia

Telkomsel Hadirkan Layanan Inklusif Ramah Disabilitas bagi Teman Tuli di 19 Titik GraPARI di Indonesia

Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu B. Sigit (kanan) saat memberikan pelayanan kepada pelanggan khusus teman tuli di GraPARI. -FOTO-Dok. Telkomsel

RADARPEKALONGAN- Guna mendorong peningkatan inklusifitas layanan, Telkomsel hadirkan layanan khusus bagi pelanggan penyandang tunarungu di sejumlah titik GraPARI yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tahap awal, ada 19 titik GraPARI yang tersebar di seluruh Indonesia yang siap melayani kebutuhan teman tuli tersebut. 

Direktur Sales Telkomsel, Adiwinahyu Basuki Sigit , mengatakan langkah ini merupakan wujud nyata komitmen Telkomsel dalam mengimplementasikan prinsip Environment, Social dan Governance (ESG) yang berkelanjutan terutama di lingkup sosial. 

Ia pun bahkan memastikan hadirnya layanan yang inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat. Penyediaanoperasional layanan yang semakin ramah disabilitas menjadi buktinya. 

"Inisiatif ini sebagai bagian dari upaya dalam memperkuat aspek keadilan dan persamaan hak kepada penyandang disabilitas untuk mendapatkan pengalaman yang setara. Salah satunya melalui penyediaan layanan khusus yang akan memberikan kemudahan aksesibilitas bagi teman tuli di sejumlah layanan pelanggan GraPARI," katanya, dalam keterangan yang dibagikan, Minggu (24/09/2023). 

BACA JUGA:Beli Mobil Kia Grand Carnival Edisi September 2023, Gratis Sepeda Listrik Yadea Minio

Pihaknya juga berkolaborasi dengan Silang.id, perusahaan teknologi yang bergerak di bidang inovasi digital untuk membangun ekosistem inklusif bagi teman tuli. Sehingga petugas layanan Telkomsel  dapat mempelajari Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo)

Tidak hanya bahasa isyarat, petugas layanan Telkomsel juga mempelajari budaya tuli, ekspresi, gestur, hingga filosofi dari gerakan bahasa isyarat. Pelatihan tersebut dapat memudahkan komunikasi petugas dengan teman tuli. 

Layanan pelanggan GraPARI juga menyediakan informasi tertulis yang lebih jelas dan mudah diakses. Dengan begitu, teman tuli dapat dengan leluasa mengunjungi GraPARI untuk melakukan beragam kebutuhan akan layanan. 

"Telkomsel secara bertahap akan memperluas inisiatif ini dengan menghadirkan lebih banyak titik layanan pelanggan inklusif yang ramah bagi masyarakat tuli dan penyandang disabilitas di Tanah Air, dengan secara konsisten melakukan pelatihan peningkatan kapabilitas bahasa isyarat ke seluruh petugas layanan di semua GraPARI," lanjutnya. 

Sigit berharap kehadiran melalui layanan tersebut mampu meningkatkan kenyamanan pelanggan, khususnya pelanggan teman tuli dalam berkomunikasi.

Layanan tersebut diharapkan bisa memberikan insipirasi dalam meningkatkan inklusifitas di industri telekomunikasi di Indonesia. 

"Ini juga menjadi bukti komitmen customer centric Telkomsel, yang selalu berusaha untuk terus mendengarkan umpan balik dari pelanggan. Sehingga dapat meningkatkan layanannya, agar dapat melayani semua kebutuhan pelanggan dengan lebih baik,”tutupnya.

Dan untuk 19 titik GraPARI yang tersebar di seluruh Indonesia tersebut antara lain GraPARI Kotabumi (Lampung), GraPARI Wolter Monginsidi (Lampung), GraPARI Kalianda (Lampung), GraPARI TelkomGroup Pangkal Pinang (Kepulauan Bangka Belitung), GraPARI TelkomGroup Palembang (Sumatera Selatan), GraPARI TelkomGroup Medan (Sumatera Utara), GraPARI Ciputat (Banten), GraPARI Serang (Banten), GraPARI Summarecon Mall (Banten), GraPARI BSD (Banten), GraPARI ITC Depok (Jawa Barat), GraPARI Mall Kota Kasablanka (DKI Jakarta), GraPARI Bintaro Xchange (DKI Jakarta), GraPARI Cijantung (DKI Jakarta), GraPARI Boyolali (Jawa Tengah), GraPARI Probolinggo (Jawa Timur), GraPARI Renon Denpasar (Bali), GraPARI Tarakan (Kalimantan Timur), dan GraPARI Plasa Maros (Sulawesi Selatan). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: telkomsel hadirkan layanan inklusif ramah disabilitas bagi teman tuli di grapari