Mudah Didapat dan Gampang Dibuat, Begini Cara Membuat Pupuk NPK Cair Organik untuk Tanaman Anggrek

Mudah Didapat dan Gampang Dibuat, Begini Cara Membuat Pupuk NPK Cair Organik untuk Tanaman Anggrek

Mudah Didapat dan Gampang Dibuat, Begini Cara Membuat Pupuk NPK Cair Organik untuk Tanaman Anggrek--Freepik

RADARPEKALONGAN - Pada artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana cara membuat pupuk NPK organik cair untuk tanaman anggrek dari bahan-bahan sederhana yang mudah didapatkan.

Unsur hara nitrogen (N), fosfor (P) dan kalium (K) merupakan tiga jenis unsur hara makro atau unsur hara yang sangat penting yang berguna untuk menyuburkan tanaman, termasuk tanaman anggrek.

Oleh karena itu, pengaplikasian pupuk NPK dari berbagai jenis dan merk sangat dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan tanaman anggrek agar semakin optimal.

Namun, agar tanaman anggrek dapat tumbuh subur dengan sempurna dan tidak mengalami efek samping yang ditimbulkan oleh penggunaan bahan kimia yang berlebihan, kalian dapat menggunakan pupuk NPK cair organik yang tentunya lebih alami dan bebas dari bahan kimia.

BACA JUGA:Begini Cara Membuat Pupuk Dari Kulit Pisang dan Cangkang Telur untuk Tanaman Anggrek Agar Rajin Berbunga

Lantas, bagaimana cara membuat pupuk NPK cair organik? Berikut ini cara membuat pupuk NPK cair organik untuk tanaman anggrek dari bahan-bahan sederhana yang mudah didapatkan.

Cara Membuat Pupuk NPK Cair Organik untuk Tanaman Anggrek

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

1. Daun

Bahan pertama yang kalian butuhkan adalah daun. Kalian dapat menggunakan daun apa saja, namun jika ada kalian lebih baik menggunakan daun pepaya, daun singkong, daun kelor, ataupun daun gamal.

Hal tersebut dikarenakan, daun-daun tersebut mengandung unsur nitrogen (N) yang sangat tinggi dan sangat baik untuk menyuburkan tanaman anggrek pada masa vegetatif atau masa pertumbuhan.

2. Batang Pohon Pisang

Bahan kedua yang kalian butuhkan adalah batang pohon pisang dari jenis apa saja. Namun, pastikan untuk memilih batang pohon pisang yang belum berbuah karena mengandung unsur hara fosfor (P) yang sangat tinggi.

BACA JUGA:Jangan Dibuang, Begini Cara Membuat Pupuk Dari Air Bekas Cucian Beras untuk Tanaman Anggrek Agar Tumbuh Subur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: