Mudah dan Sederhana, Begini 13 Cara Membuat Batik Cap untuk Pemula, Cocok untuk Ide Bisnis

Mudah dan Sederhana, Begini 13 Cara Membuat Batik Cap untuk Pemula, Cocok untuk Ide Bisnis

Mudah dan Sederhana, Begini 13 Cara Membuat Batik Cap untuk Pemula, Cocok untuk Ide Bisnis-BATIK SANTRI-Youtube

RADARPEKALONGAN - Cara membuat batik cap sebenarnya tidaklah terlalu sulit, apabila kalian mengetahui langkah-langkah pembuatannya secara baik dan benar.

Seperti yang kita ketahui bersama, kain batik menjadi kain tradisional asal Indonesia yang telah mendunia dan diakui oleh banyak negara.

Teknik batik sendiri dibedakan menjadi 3 cara, yaitu batik tulis, batik cap dan batik kombinasi. Namun, batik cap menjadi batik yang banyak digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia karena harga batik cap lebih murah ketimbang batik tulis.

Batik cap sendiri adalah kain yang dihias dengan tekstur dan corak batik yang dibentuk dengan cap. Berbeda dengan batik tulis yang proses pembuatannya menggunakan canting, pada proses pembuatan batik cap alat yang digunakan yaitu cap yang biasanya terbuat dari tembaga dan sudah didesain dengan motif tertentu.

Batik cap termasuk batik yang jenis pengerjaannya sangat mudah dan simpel, namun tetap banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu batik cap dapat dijadikan salah satu ide bisnis yang lumayan menguntungkan.

BACA JUGA:Rekomendasi Atasan Batik Kombinasi Polos Modern di Bawah 100 Ribu yang Stylish, Cocok untuk Ngantor

Tertarik untuk menjadikan batik cap ini menjadi ide bisnis kalian? Simak cara membuat batik cap di bawah ini sampai selesai ya.

Cara Membuat Batik Cap

Sebelum kalian mengetahui cara membuat batik cap, berikut ini terdapat beberapa alat dan bahan untuk membuat batik cap yang perlu kalian ketahui.

Alat dan Bahan

1. Meja Cap

Meja cap adalah salah satu alat yang dibutuhkan sebagai media mengecap kain mori. Meja cap ini biasanya terbuat dari bahan kayu yang panjang dan lebarnya telah disesuaikan dengan ukuran kain mori.

Sebelum digunakan untuk mengecap kain mori, permukaan meja cap harus dilapisi dengan busa setebal 10 centimeter dan dilengkapi dengan kain blacu dan kain serak tipis yang selalu dalam keadaan lembab.

2. Loyang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: