Mengenal Batik Warisan Budaya Indonesia yang Paling Berharga

Mengenal Batik Warisan Budaya Indonesia yang Paling Berharga

Mengenal Batik Warisan Budaya Indonesia-Instagram-Instagram

RADARPEKALONGAN - Siapa yang tidak kenal batik? batik warisan budaya Indonesia yang paling berharga yang kita harus selalu melestarikan dan menjaganya.

Ketika kita generasi muda mengenakan batik kita seharusnya bangga karena itu merupakan tanggung jawab kita sebagai generasi muda untuk melestarikan batik.

keindahan dari batik ketika dikenakan akan membuat mata terpesona dan membuat kita tampil lebih stylish tetapi tetap mengedepankan unsur budaya.

Batik bisa dikenakan di dalam setiap situasi, seperti situasi yang formal, semi-formal, atau bahkan ketika suasana santai Batik tetap bisa dikenakan.

Mengenal Batik Warisan Budaya Indonesia

Batik adalah kain yang digambar dengan sebuah teknik khusus yang dilakukan dengan menuangkan malam atau lilin malam ke kain mori.

Secara bahasa, batik berasal dari bahasa jawa yaitu Ambhatik, yang berarti titik-titik yang digambar pada kain yang lebar. Ambhatik sendiri berasal dari kata Amba yang berarti kain yang lebar, dan kata titik.

Batik ini bisa dibuat kemeja yang sangat stylish kemeja dari batik juga menjadi favorit pakaian para laki-laki dan kemeja batik ada dua macam yaitu lengan panjang dan pendek.

Batik untuk perempuan sendiri jauh lebih bervariasi karena bisa untuk blouse, gamis, dan rok batik yang akan membuat penampilan anda semakin membahana.

Sarung batik juga menjadi salah satu favorit karena sarung batik ini bisa dipadukan dengan baju koko dan para santri di pondok pesantren biasa menggunakannya.

Jarik batik juga sering digunakan dipadukan dengan kebaya dan para mahasiswa yang wisuda biasanya mengenakan pakaian ini di hari wisudanya.

Batik selain warisan budaya tak benda yang dinobatkan oleh Unesco juga menjadi sebuah pakaian wajib dan trend fashion bagi masyarakat Indonesia.

Kita patut bangga menjadi masyarakat Indonesia yang budayanya yaitu Batik dianggap sebagai warisan budaya tak benda yang diakui Unesco.

Unesco sendiri mengakui batik sebagai warisan budaya tak benda pada tanggal 2 Oktober 2008 yang juga diperingati sebagai Hari Batik Internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: