Tak Terhambat Gender! Pentingnya Public Speaking Wanita dan 3 Kunci Utama untuk Mengembangkannya

Tak Terhambat Gender! Pentingnya Public Speaking Wanita dan 3 Kunci Utama untuk Mengembangkannya

Public speaking wanita.--freepik.com

Tantangan Public Speaking Wanita

1. Stereotip Berbasis Gender

Dalam masyarakat yang masih lekat dengan budaya patriarki, tantangan gender bukan tidak mungkin dihadapi oleh wanita ketika hendak berkiprah di ruang publik.

Public speaking wanita mungkin diberi ekspektasi berbeda ketika tampil di depan umum, seperti harapan untuk tampil sopan, tidak meninggikan suara, tidak mencecar dan terlalu kritis, dan lainnya. Fenomena ini membuat wanita terhambat dalam mengekspresikan dirinya dengan otentik dan efektif.

2. Kurangnya Keterwakilan

Sebagaimana porsi perempuan di parlemen yang masih belum seimbang dibandingkan dengan laki-laki, maka di ruang publik lain pun demikian yang terjadi. Wanita sering kali tidak mendapatkan kesempatan yang cukup untuk mengutarakan pendapatnya atau lebih jauh lagi menjadi public speaking wanita yang penting dalam suatu forum.

3. Rasa Percaya Diri

Tampil di wilayah dengan tidak menjadi mayoritas tentu dapat menyusutkan kepercayaan diri seseorang. Begitupun dengan public speaking wanita yang perlu terus meningkatkan kepercayaan diri untuk tampil di ruang di mana laki-laki masih cenderung memiliki lebih banyak tempat. Belum lagi adanya beban ekspektasi yang diberikan kepada mereka.

3 Kunci Public Speaking Wanita

1. Persiapan yang Matang

Persiapan menjadi kunci utama keberhasilan public speaking wanita. Dengan persiapan yang baik dan matang, wanita dapat tampil lebih siap hingga mampu mengantisipasi berbagai kemungkinan buruk.

Seorang pembicara menjadi lebih memahami topik yang akan mereka presentasikan, merancang presentasi yang kuat dengan berbagai dukungan seperti media visual, hingga mengontrol rasa gugup dan cemas.

2. Menguasai Keterampilan Komunikasi

Public speaking dan dialog harian merupakan dua hal yang jauh berbeda. Dalam pelaksanaan public speaking, wanita perlu menguasai banyak hal seperti artikulasi, bahasa tubuh, pemilihan kata, tempo berbicara, hingga kemampuan membaca dan mendengarkan audiens.

Dengan penguasaan komunikasi yang baik, public speaking wanita dapat tampil lebih efektif dengan pesan yang dibawakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: