Tersohor di Indonesia! Inilah 7 Jenis Kopi Paling Terkenal dengan Eksotisme Rasanya

Tersohor di Indonesia! Inilah 7 Jenis Kopi Paling Terkenal dengan Eksotisme Rasanya

Tersohor di Indonesia! Inilah 7 Jenis Kopi Paling Terkenal dengan Eksotisme Rasanya--freepik.com

RADARPEKALONGAN - Berbagai jenis kopi sudah tidak lagi asing di kalangan penikmatnya, dan ada beberapa jenis kopi paling terkenal dengan eksotisme rasanya.

Setiap orang dari berbagai kalangan tentu juga memiliki selera yang berbeda terkait jenis kopi yang mereka gemari.

Di Indonesia, jenis kopi yang paling banyak dibudidayakan adalah kopi arabika, robusta, dan liberika atau exelsa. Kopi ini kemudian tidak hanya memiliki nama besar di Indonesia, tetapi juga dikenal kenikmatannya hingga populer di kancah internasional.

Namun, mungkin kamu tidak begitu familier denga jenis kopi khas Indonesia karena yang disajikan di kafe kebanyakan adalah menu berbahasa Inggris.

Oleh karenanya, artikel ini akan mengulas beberapa jenis kopi Nusantara yang paling terkenal di Indonesia dengan cita rasa yang eksotis di lidah.

Baca juga Meningkatkan Percaya Diri dalam Berkomunikasi: 8 Tips dan Trik yang Efektif

1. Kopi Arabika (Coffee Arabica)

Mulanya, jenis kopi yang banyak diproduksi di Indonesia ini berasal dari dataran tinggi Ethiopia, Afrika. Tidak hanya di Indonesia, kopi arabika yang memiliki cita rasa ringan dan beraroma sedap ini juga populer di seluruh dunia. 

Kopi arabika memiliki ciri biji picak, daun berombak, dan berwarna hijau tua. Kopi ini memiliki varietas yang beragam bergantung pada di negara, iklim, dan tanah seperti apa kopi ini ditanam.

Di Indonesia sendiri, kopi jenis arabika ini tumbuh di pegunungan dengan ketinggian antara 1.000 hingga 2.100 meter di atas permukaan laut.

2. Kopi Robusta (Coffee Canephora)

Ciri khas dari kopi ini adalah warna yang kuat dan tekstur yang lebih kental ketika disduh atau sudah menjadi minuman yang siap disesap oleh penikmatnya. Dengan ciri khasnya ini, kopi robusta menguasai 30 persen pasar di dunia. Wilayah sebaran terluasnya adalah di Indonesia dan Filipina.

Ciri pohon dari kopi robusta adalah memiliki kemampuan tumbuh hingga 12 meter, memiliki daun yang lebih lebar, dan memiliki pangkal yang tumpul. Sedangkan biji kopinya berciri bentuk agar bulat, melengkung, dan lebih tebal jika dibandingkan dengan kopi jenis arabika.

Tidak jauh berbeda dengan robusta, kopi jenis ini juga bisa memiliki cita rasa berbeda di tiap negara penghasilnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: