Tak Baik Jika Berlebihan, Ini 8 Efek Samping Kopi yang Perlu Diwaspadai!

Tak Baik Jika Berlebihan, Ini 8 Efek Samping Kopi yang Perlu Diwaspadai!

Tak Baik Jika Berlebihan, Ini 8 Efek Samping Kopi yang Perlu Diwaspadai!--Freepik.com

RADARPEKALONGAN - Meskipun mempunyai manfaat untuk kesehatan, namun ada efek samping opi yang perlu diwaspadai, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan.

Tidak bisa dibantah bahwa kopi membawa berbagai manfaat bagi kesehatan. Dari yang paling sederhana yakni mengusir kantuk dan meningkatkan energi, hingga mencegah risiko diabetes, kardiovaskular, kanker, dan penyakit berbahaya lainnya. 

Akan tetapi, kamu juga perlu menyadari adanya efek samping minum kopi yang bisa hadir, terutama jika kamu sudah mengonsumsinya secara berlebihan.

Umumnya, konsumsi kopi dengan jumlah 2 sampai 3 cangkir per hari masih aman bagi orang dewasa. Namun, akan menjadi bahaya jika jumlah asupan kopi mencapai lebih dari 4 cangkir per hari.

Kandungan kafein dalam kopi akan membuat kamu mengalami efek samping yang disebut caffeinism. Berikut merupakan efek samping minum kopi yang akan dijelaskan secara lebih detail.

Baca juga Seenak Racikan Kafe, Ini 5 Resep Kopi Susu Enak Mulai dari Frappe hingga Affogato!

Insonmia

Kafein dalam kopi dapat berperan sebagai energy booster yang membuatmu lebih berenergi dan kehilangan rasa kantuk serta mampu meningkatkan konsentrasi. Akibat asupan kafein dari kopi yang berlebihan, kemudian akan membuat tubuhmu kesulitan untuk terlelap. 

Kamu berakhir mengalami gangguan tidur seperti insomnia yang akan berimbas besar pada siklus kesehatan dan kehidupanmu yang lain.

Gelisah

Sudah disebutkan bahwa kafein dalam kopi meningkatkan konsentrasi, yang secara simultan juga meningkatkan tingkat kewaspadaan.

Namun, secara bersamaan efek samping kopi juga bisa membuatmu merasa gelisah dan cemas. Efek samping minum kopi yang satu ini bisa memunculkan serangan panik hingga gangguan kecemasan.

Sering Buang Air Kecil

Sangat umum untuk mengalami keinginan buang air kecil yang lebih sering sebagai efek samping minum kopi. Hal ini karena kandungan kafein memiliki sifat diuretic yang merangsang pembuangan urine.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: