Ada Doanya! Ini 5 Fakta Minum Kopi dalam Islam, Muslim Wajib Baca

Ada Doanya! Ini 5 Fakta Minum Kopi dalam Islam, Muslim Wajib Baca

Ada Doanya! Ini 5 Fakta Minum Kopi dalam Islam, Muslim Wajib Baca--Freepik.com

RADARPEKALONGAN – Kopi menjadi minuman yang makin digandrungi belakangan ini. Namun, tahukah kamu bahwa terdapat perbedaan pendapat tentang hukum minum Kopi dalam Islam?

Dinukil dari Alif.id, disebutkan bahwa Islam memiliki cara pandang yang berbeda terutama dari sisi hukum dalam meminum kopi di mana sebagian ulama membolehkan dan tidak sedikit pula yang berpandangan bahwa konsumsi minuman ini adalah haram.

Lebih jauh lagi dalam konteks tasawuf, kopi digambarkan memiliki nilai tersendiri. Sayyid Nahlawi Ibnu Sayyid Khalil dalam suatu kisah menyebutkan bahwa ada cerita menarik tentang kopi dan sufi di tanah Maghribi. Cerita tentang kopi dalam Islam ini didapatkan dari gurunya, Syaikh Salim Samarah.

Berikut merupakan rangkuman dari kisah tersebut  dan beberapa fakta tentang kopi dalam Islam yang telah dibagi ke dalam poin-poin khusus agar kamu lebih mudah memahami bagaimana pandangan tentang kopi dalam Islam.

BACA JUGA:Turut Menjaga Berat Badan Tetap Ideal, Ini 8 Manfaat Minum Kopi untuk Fisik dan Mentalmu!

BACA JUGA:Cegah Gula Darah, Inilah 10 Manfaat Minum Kopi Hitam Kaya Antioksidan untuk Kesehatan Metabolisme Tubuh

1. Nabi Muhammad SAW Memiliki Doa untuk Para Peminum Kopi

Para sufi dalam ilmu tasawuf disebutkan dapat berjumpa dengan Nabi Muhammad SAW dalam keadaan terjaga maupun saat dalam situasai tidur atau melalui mimpi. Suatu ketika dalam sebuah pertemuan sadar, seorang sufi berkatata kepada Nabi SAW tentang kopi. 

Para sufi pun berucap, “Wahai Rasulullah SAW, saya senang minum kopi.” Rasulullah SAW menanggapi aduan tersebut dengan meminta sufi untuk membaca doa khusus ketika hendak meminum kopi.

“Ya Allah, jadikanlah kopi yang hamba teguk sebagai cahaya bagi penglihatan hamba, kesehatan badan, penawar hati, obat bagi segala penyakit, duhai dzat Yang Maha Kuat dan Mata Teguh, lalu membaca bismillahirrahmanirrahim.” 

Begitulah doa yang diwasiatkan Nabi SAW kepada sang sufi. Nabi Muhammad SAW kemudian juga bersabda, “Malaikat akan terus memintakan ampunan untumu selama masih menempel rasa kopi di mulutmu.”

2. Hukum Mengonsumsi Kopi dalam Islam

Hukum awal mengonsumsi kopi pada dasarnya adalah halal. Dalam dalil As-Sunna, dikatakan bahwa, “Yang halal adalah yang Allah SWT halalkan dalam kitabnya, yang haram adalah Allah SWT haramkan dalam kitabnya, dan apa yang didiamkannya maka itu termasuk dimaafkan.” (H.R. At-Tirmidzi No. 1726)

Namun, terdapat kondisi di mana kopi dapat mendatangkan kerugian jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: